Pelintas Batas Ilegal Warga Malaysia Diamankan Pos Pamtas TNI

  • Bagikan

Suaraindo.id – Pasukan pengaman perbatasan RI-Malaysia yonif raider 641 /BRU mengamankan WNA asal Malaysia yang masuk tanpa dokumen resmi melalui Jalur tradisonal di Dusun Segumun desa Lubuk Sabuk kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.

“Betul ada diamankan WNA asal Malaysia inisial RK, yang bersangkutan saat diamankan dalam pengaruh minuman keras serta tidak bisa menunjukan dokumen melintas. RK diamankan pada Sabtu (18/7) lalu,” kata dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/BRU, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono,Selasa (21/7/2020) di Entikong.

Disampaikan Kukuh, terhadap WNA asal mongkos (Malaysia) itu penangannya diserahkan kepada kantor Imigrasi kelas II tpi Entikong.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, pintu perbatasan resmi melalui PLBN dan pintu perbatasan tradisional yang dilalui masyarakat setempat dengan menggunakan Pas Lintas Bantas masih ditutup untuk aktivitas sosial dan ekonomi. Selain itu, perintah pengetatan pengawasan jalur-jalur tidak resmi telah dikeluarkan untuk pencegahan penularan wabah Covid-19.

“Pengetatan pengawasan jalur-jalur tidak resmi atau jalan tikus di sepanjang perbatasan negara saat ini menjadi salah satu prioritas tugas Satgas Pamtas TNI,“ tegas Kukuh.

Terpisah Kasi Inteldakim kantor Imigrasi kelas II TPI Entikong, Andika Widyanarko mengatakan ada limpahan WNA asal mongkos (Malaysia) yang masuk melalui jalur tradisional dan diamankan Pamtas.

“Yang bersangkutan betul warga Malaysia dan sudah kami mintai keterangan,dan telah di pulangkan ke Malaysia melalui PLBN entikong sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelas Andika.

Disampaikan andika bahwa dusun segumun dan mongkos yang berbatasan langsung di Sekayam masih memegang teguh keraifan lokal sehingga warga dikedua belah pihak kerap saling mengunjungi terutama dalam kegiatan adat (Gawai).

  • Bagikan