Sekilas Info

MTQ Kalbar

Mengintip Kerja Enam Petugas di Belakang Panggung MTQ XXVIII Kalbar

Suaraindo.id - Suksesnya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Kalbar di Sekadau, tak terlepas dari kerja tim teknis dalam kepanitiaan.

Tepatnya di belakang panggung ada sebanyak enam orang. Masing-masing mempunyai tugas, dua orang pengantar, dua orang penunjuk maqro dan dua orang lagi sebagai penunjuk khafilah dan IT sebelum tampil di mimbar utama pangung MTQ.

Muhammad Akhsin dan Husni Mubarrok, adalah sebagai penunjuk maqro untuk peserta Tilawah yang akan tampil.

Karena sebagai tuan rumah, penghubung kafilah dengan IT itu adalah dari kabupaten Sekadau sendiri.

"Untuk golongan anak-anak sebelum tampil itu sudah dikasi tau dulu ayat yang akan di bacakan sebelum mereka akan tampil," ujarnya kepada Suaraindo.id pada Sabtu pagi (19/9/2020).

Sedangkan untuk peserta yang dewasa langsung, tidak ada jeda begitu tampil itu yang akan dibaca, hal itu di karenakan menyesuaikan usianya untuk dapat sama-sama menampilkan yang terbaik.

"Karena penentu ayat yang dibaca sudah ada di IT dari provinsi karena yang membaca nya itu di monitor berdasarkan cabut undi pada saat tehnikal metting di provinsi dan kabupaten," jelasnya.

Untuk hasil selanjutnya dinilai dari dewan hakim atau juri, yaitu ada empat hakim, terdiri dari hakim suara, hakim lagu, hakim fasohah, hakim tazwid dan satu nya lagi adalah panitera itu tugasnya membantu dewan hakim.

Penulis: Yanti
Editor: Redaksi

Baca Juga