Sekilas Info

Agama

Paus Fransiskus Melakukan Kunjungan Kerja Pertama sejak Corona

Paus Fransiskus memimpin misa malam paskah di tengah pendemi virus corona atau Covid-19 di St. Peter's Basilica, Vatikan, 12 April 2020. Paus Fransiskus mendorong umat agar "tidak menyerah pada rasa takut" dan berfokus pada "pesan harapan" saat misa malam paskah. Vatican Media/Handout via REUTERS

Suaraindo.id- Paus Fransiskus rencananya pada bulan depan akan melakukan kunjungan kerja pertama ke luar Kota Roma sejak Italia memberlakukan lockdown pada awal Maret 2020. Italia telah menjadi negara pertama di Eropa yang paling terpukul oleh pandemi virus corona.

Vatikan pada Sabtu, 5 September 2020, mengatakan rencananya Paus akan melakukan perjalanan ke Assisi, sebuah kota di wilayah tengah Italia, untuk menandatangani sebuah surat resmi kepausan untuk para pendeta dan umat khatolik lainnya di dunia. Dokumen ini dikenal dengan sebutan ensiklik.

Dokumen ensiklik itu akan menekankan nilai-nilai kekeluargaan selama dan sesudah pandemik virus corona. Hal ini sebenarnya sudah ditekankan berulang kali oleh Paus Fransiskus selama pandemik terjadi.

Ensiklik memaparkan pandangan Paus Fransiskus tentang masalah-masalah penting dan biasanya membentuk ajaran serta kebijakan katholik di tahun-tahun mendatang.

“Terkait situasi kesehatan seperti sekarang ini, Paus Fransiskus atas keinginan sendiri melakukan kunjungan secara pribadi, tanpa di temani (rombongan besar),” demikian dikatakan Vatikan.

Sebelumnya, Paus Fransiskus sudah berulang kali menekankan bagaimana pandemik virus corona secara drastis mengungkap betapa rapuhnya kondisi saat ini dan betapa pentingnya masyarakat bersatu saling membantu, khususnya pada kalangan miskin. Paus Fransiskus terakhir kali melakukan perjalanan jauh dari Roma pada Februari 2020 lalu ke Kota Bari atau saat wabah Covid-19 baru merebak di wilayah utara Italia.

Penulis: Teras
Editor: Heni Sutriati

Baca Juga