Sekilas Info

Pemerintah

Trump, Biden Fokus pada Pekerja AS pada Libur Hari Buruh

Presiden AS Donald Trump berbicara di Gedung Putih pada libur Hari Buruh AS, Senin 7 September 2020.

Suaraindo.id-Kampanye pilpres AS berlanjut Senin (7/9) pada hari libur tahunan untuk memperingati Hari Buruh. Presiden Donald Trump dari Partai Republik dan saingannya dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden sama-sama fokus pada nasib para pekerja AS di tengah pandemi virus corona.

Trump mencuit, "Angka pekerjaan, dan pemulihan ekonomi, terlihat BAGUS. Selamat Hari Buruh!" katanya lewat Twitter Senin (7/9), kurang dari 60 hari menjelang pilpres 3 November.

Cuitan pemimpin AS itu disampaikan sebelum konferensi pers siang hari di Gedung Putih. Dalam cuitan kedua, dia mengklaim bahwa perbaikan ekonomi yang stabil dari pandemi merupakan "Pemulihan Finansial Terbesar dan Tercepat dalam Sejarah."

Sementara Biden mengunjungi negara bagian Pennsylvania yang diperebutkan untuk melakukan pertemuan dengan masyarakat secara virtual, bersama presiden serikat AFL-CIO Richard Trumka di ibukota, Harrisburg. Biden telah menuduh Trump tidak becus menangani pandemi, memicu memburuknya ekonomi dan membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.Tingkat pengangguran AS merosot ke angka 8,4% pada Agustus. tapi para pakar ekonomi memperingatkan perlu waktu berbulan-bulan untuk mencapai kemajuan besar. Baru separuh dari 22 juta pekerjaan yang hilang, yang berhasil dipulihkan. Banyak bisnis mengurangi upah pekerja meskipun telah beroperasi kembali. [vm/jm]

Penulis: VOA
Editor: Heni Sutriati

Baca Juga