Dinkes Melawi Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

  • Bagikan

Suaraindo.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam penanganan Virus Corona (Covid-19) tetap serius menangani Covid 19.

“Kita tidak henti-hentinya menghimbau agar masyarakat wajib menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun serta wajib menjaga jarak,”ujar Kepala Dinkes Melawi, dr. Ahmad Jawahir, Jumat(7/10/2020).

Salah satu membuktikan keseriusan itu, Dinkes Melawi telah mendatangkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri untuk uji Swab mendeteksi virus Covid-19.

Dengan adanya alat ini, hasil pemeriksaan swab dapat diketahui lebih cepat dan penanganan pasien bisa optimal, hingga tidak perlu lagi pergi jauh-jauh dan berlama-lama.
Ia mengatakan, alat PCR tersebut saat ini berada di Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) Melawi yang memiliki Bio Safety Level (BSL) sampai tingkat 2.

“Pengujian alat PCR itu sendiri rencananya akan dilakukan oleh Dinkes Provinsi Kalbar dalam waktu dekat ini. Semoga minggu depan sudah dapat melayani pemeriksaan swab Covid-19 warga Melawi dan sekitarnya,” kata Ahmad Jawahir.

Jawahir mengungkapkan, adanya alat PCR ini, kedepan setiap hari akan dapat dilakukan pemeriksaa swab.Menurutnya, tersedianya alat PCR ini juga sebagai bentuk dukungan Pemkab Melawi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur beserta Bapak Kepala Dinkes Provinsi Kalimantan Barat yang telah mendukung penuh pengadaan alat ini untuk Melawi,”pungkasnya.

  • Bagikan