Sekilas Info

Hari Santri

Kemenag Kapuas Ikuti Apel HSN 2020 dengan Virtual

Suaraindo.id - Berbeda dari sebelumnya pelaksanaan peringatan serentak Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19 yang kini belum usai.

Kendati demikian, jajaran ASN Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas tetap turut berpartisipasi pada apel HSN yang digelar Kementerian Agama RI di Jakarta secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H Marino menyampaikan, apel bersama peringatan HSN juga diikuti santri se Indonesia secara virtual dalam jaringan (daring) serta live di chanel You Tube dan Pendis Channel.

"Ini digelar serentak termasuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas menugaskan ASN nya mengikuti pelaksanaan apel bersama tersebut dengan mengambil tempat di ruang Kerja Kepala Kantor Kemenag Kapuas," paparnya.

HSN kali ini, kata dia, membangun tema Santri Sehat Indonesia Kuat kita bersama-sama melawan penyebaran pandemi Covid-19 yang lagi melanda dunia termasuk Indonesia.

"Kita bersama-sama berdoa kepada Allah Swt semoga pandemi ini cepat berakhir," ucap Marino.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Kantor Kemenag Kapuas, H Asyhadi mengatakan, dengan cara mengikuti apel hari santri nasional kita renungkan perjuangan para santri, ulama dan bangsa dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

"Karenanya tanggal 22 Oktober diperangati Hari Santri Nasional hal ini merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad mempertahankan kemerdekaan indonesia," terangnya.

Sementara dalam Apel Bersama secara Virtual Menteri Agama RI Fachrul Razi yang menjadi pembina upacara dalam sambutannya mengatakan, mengambil tema santri sehat Indonesia Kuat dengan tema tersebut kita berkomitmen bersama mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren.

"Kita yakin santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi yang melanda indonesia dengan baik," imbuhnya.[zulkifli]

Baca Juga