Sekilas Info

Covid-19

Sekjen PBB: Perlu Upaya Lebih Terkoordinasi untuk Perangi Virus Corona

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres berbicara dalam konferensi pers di markas besar Uni Afrika, 8 Februari 2020. (Foto: AFP)

Suaraindo.id-Sekjen PBB Antonio Guterres sangat menyayangkan tidak berkumpulnya 20 negara industri besar pada Maret lalu -seperti yang ia sarankan kala itu- untuk membuat tanggapan terkoordinasi guna menekan Covid-19 di seluruh negara.

Dalam wawancara dengan kantor berita Associated Press, Guterres mengatakan, sementara KTT G-20 akan berlangsung bulan depan, ia berharap komunitas internasional memahami "mereka perlu lebih terkoordinasi dalam memerangi virus itu."

Guterres mengatakan PBB akan "sangat menganjurkan" respon yang terkoordinasi atas penyakit tersebut, selain mengupayakan vaksin yang "dijamin" ampuh, tersedia bagi publik di dunia dan terjangkau bagi semua orang, di mana pun.”

Sejumlah peneliti di seluruh dunia berlomba mengembangkan vaksin yang aman dan ampuh melawan Covid-19. Virus corona telah menewaskan lebih dari 1,1 juta orang di seluruh dunia dan menulari lebih dari 41 juta orang.

Sementara itu, jumlah negara dengan lebih dari 1 juta kasus virus corona yang dikonfirmasi meningkat menjadi tujuh. Perancis dan Spanyol adalah negara terbaru yang mencapai angka tersebut. [ka/ab]

Penulis: VOA
Editor: Heny

Baca Juga