Tolak Bala dan Robo-robo di Sekadau, Masyarakat Berharap Corona Hilang

  • Bagikan

Suaraindo.id – Rebo Wekasan merupakan tradisi ritual yang dilaksanakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Pada tahun ini, Rabu Wekasan jatuh pada hari ini Rabu (14/10/2020).

Biasanya, orang Jawa, Sunda, dan Madura beranggapan Rebo Wekasan sebagai hari turunnya bala atau musibah. Oleh karenanya, tradisi orang Jawa menangani permasalahan tersebut melalui acara selametan dan atau sesajin dan melaksanakan Shalat tolak bala.

Di Kalimantan Barat masyarakat melayu juga menganggap bahwa hari Rabu terakhir di bulan Safar merupakan hari diturunkannya berbagai macam bala bencana ke muka bumi.

Untuk itu masyarakat melayu kalimantan Barat juga melaksanakan ritual tolak bala yang dinamakan dengan Robo-Robo .

Robo-Robo merupakan acara makan bersama, dilakukan pembacaan doa memohon keberkahan Allah Tuhan semesta. Supaya dijauhkan dari bencana, kesusahan dan diganti dengan kebahagiaan maupun limpahan rezeki.

Setelah makan bersama juga dilakukan membaca doa yang sama yakni agar dijauhkan dari bala bencana yang turun dari ke bumi yang masyarakat percayai pada hari Rabu terakhir di bulan Safar .
Di desa Mungguk, Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau (14/10) dilaksanakan Robo-robo tolak bala merupakan tradisi Islam yang diajarkan ulama dan leluhur agar masyarakat terhindar dari bala bencana yang diturunkan ke bumi.

“Hari ini kami melaksanakan Robo-robo dan doa selamat yang diajarkan leluhur turun temurun untuk berdoa meminta kepada Allah agar bala bencana yang diturunkan tidak menimpa masyarakat Mungguk dan umumnya Sekadau,” ujar Abang Mohammad Yusuf, tokoh masyarakat Mungguk .

Kemudian A. Mohammad Yusuf juga berharap dengan adanya robo-robo tolak bala ini bisa menjauhkan masyarakat Sekadau khususnya Mungguk dapat terhindar dari wabah yang sedang melanda yakni covid-19.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa menjadikan masyarakat Sekadau khususnya desa Mungguk ini terhindar dari wabah yang sedang melanda yakni covid-19,” ucapnya.

Kegiatan robo-robo di kabupaten Sekadau sendiri rutin dilaksanakan setiap tahun di hari Rabu terakhir bulan Safar, dilaksanakan di Rt 4 dusun satu berlangsung meriah di ikuti oleh warga masyarakat .

  • Bagikan