Sekilas Info

Pilkada

Bawaslu Sumbar Siapkan Pengawas TPS Cadangan

Suaraindo.id- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatra Barat (Sumbar) siapkan pengawas cadangan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh Sumbar pada Pilkada serentak 2020.

Anggota Bawaslu Sumbar Nurhaida Yetti mengatakan, Cadangan disiapkan kalau ada pengawas yang ditetapkan positif covid-19. Tentu yang positif harus menjalani isolasi. Sebab saat ini masih masa pandemi covid-19, sehingga Bawaslu Sumbar harus menyiapkan itu agar Pilkada tetap berjalan.

"Pas rekrut kita ambil 2 orang, tapi tetap saja yang dilantik 1 orang, yang tidak dilantik tidak dapat honor, mereka cadangan saja," katanya.

Bawaslu Sumbar telah melantik semua pengawas TPS yang bakal bertugas. Jumlah semuanya sesuai sengan jumlah TPS yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar yaitu 12.548 TPS.

"Setiap TPS akan ada pengawas satu orang, kami sudah pesankan betul pada Bawaslu kabupaten kota agar melakukan pengawasan, saat hari pencoblosan harus datang lebih dulu dari KPPS,"katanya di Padang, Sabtu (21/11/2020).

Meski satu pengawas yang bertugas di TPS, Bawaslu Sumbar menyiapkan satu lagi sebagai cadangan di masing-masing TPS. Sehingga jumlahnya menjadi dua kali lipat dari yang ditetapkan. Namun pengawas yang dilantik tetap hanya satu orang.

Semua pengawas TPS juga akan mengikuti rapid tes sebelum hari pencoblosan. Hal in bertujuan agar pengawas TPS benar-benar bebas dari covid-19.

Penulis: Rahma Wendra
Editor: Yusman

Baca Juga