Golkar Menang 85 Persen di Jawa Tengah, Airlangga Singgung Koalisi dengan PDIP

  • Bagikan
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan jajarannya dalam konferensi pers mengumumkan hasil sementara Pilkada Serentak 2020. Foto: Istimewa.

Suaraindo.id – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya menang di 18 dari 21 daerah di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada 2020. Airlangga mengatakan angka kemenangan setinggi ini merupakan yang pertama sejak era reformasi.

“Di Jawa Tengah alhamdulilah sejak reformasi atau di era Orde Baru, Golkar menang 85,17 persen,” kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Kamis, 10 Desember 2020.

Airlangga mengatakan kemenangan ini tak terlepas dari koalisi Golkar dengan partai-partai lain, khususnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Selama ini, Jawa Tengah memang merupakan basis pendukung partai banteng. “Ini membuktikan bahwa strategi yang diambil Partai Golkar tepat,” ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan kemenangan di Jawa Tengah di antaranya diraih di Pilkada Kota Solo, Kabupaten Pekalongan, serta di Kabupaten Kendal kendati tidak berkoalisi dengan PDIP. Di Kota Solo, Golkar ikut mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso. Pasangan ini diprediksi meraih 85 persen lebih suara berdasarkan hasil hitung cepat.

Adapun di Kabupaten Pekalongan, Golkar mengusung kadernya, Fadia Arafiq yang berpasangan dengan Riswadi. Partai beringin berkoalisi dengan PDIP, Partai Amanat Nasional, dan Partai Keadilan Sejahtera. Pasangan ini melawan Bupati inkumben Asip Kholbihi yang kembali mencalonkan diri.

Airlangga mengatakan kejutan terjadi di Pilkada Kendal. Calon Golkar, Dico Ganinduto-Windu Suko Basuki juga tercatat unggul. Dico, 29 tahun, adalah anak dari Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto.

“Menarik Kendal ini anak muda, anak milenial, Saudara Dico Ganinduto kalau survei tidak ada nama tetapi menang,” kata Airlangga.

Menurut Airlangga, ini menunjukkan bahwa dua organisasi masyarakat (ormas) sayap Partai Golkar, yakni Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) bergerak memenangkan partai.

  • Bagikan