CDC Perintahkan Wajib Pakai Masker di Transportasi Umum AS

  • Bagikan
Seorang penumpang kereta commuter mengenakan masker, di New York, 8 Juni 2020. (Foto: Reuters)

Suaraindo.id–Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat (AS), pada Jumat (29/1) malam mengeluarkan perintah yang mewajibkan penggunaan masker di hampir semua jenis transportasi umum.

Seperti dikutip dari Reuters, perintah yang berlaku mulai Senin (1/2), pukul 23.59 waktu Amerika Timur itu, mengharuskan semua penumpang mengenakan masker di dalam pesawat, kapal, kereta api, kereta bawah tanah, bus, taksi, dan taksi online serta di pusat-pusat transportasi seperti bandara, bus, terminal feri, stasiun kereta, dan pelabuhan.

Presiden Joe Biden pada 21 Januari memerintahkan instansi-instansi pemerintah untuk “segera mengambil langkah” untuk mewajibkan penggunaan masker di bandara dan di dalam pesawat komersial, kereta dan kapal umum, termasuk feri, bus antarkota dan semua moda transportasi umum.

Di bawah pemerintahan Donald Trump, yang menjabat hingga 20 Januari, upaya CDC untuk memberlakukan mandat penggunaan masker di dalam transportasi umum, diblokir. Instansi itu hanya mengeluarkan anjuran untuk menggunakan masker. Trump juga menolak upaya Kongres untuk mewajibkan penggunaan masker.

“Mewajibkan masker pada sistem transportasi akan melindungi rakyat Amerika dan memberikan keyakinan bahwa kita bisa melakukan perjalanan dengan aman selama pandemi,” kata perintah 11 halaman yang ditandatangi oleh Marty Cetron, direktur CDC Divisi Migrasi Global dan Karantina.

Maskapai penerbangan dan sebagian besar moda transportasi sebenarnya telah mewajibkan penggunaan masker. Namun perintah CDC itu akan menjadikan “tidak mengenakan masker” sebagai pelanggaran federal, sehingga lebih memudahkan awak pesawat atau lainnya untuk menegakkan peraturan tersebut. [vm/ft]

  • Bagikan