Sekilas Info

Peristiwa

Curah Hujan Masih Tinggi Warga Bengkayang Dihimbau Waspada Banjir

Suaraindo.id- Sejak sepekan terakhir di awal tahun 2021 bencana alam melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bengkayang.

Salah satu wilayah dari 17 Kecamatan di Kabupaten Bengkayang yang dilanda bencana banjir adalah Kecamatan Bengkayang Kota.

Terkait peristiwa bencana alam tersebut Pemerintah Kabupaten Bengkayang mulai memetakan titik titik rawan banjir. Dimana untuk Kecamatan Bengkayang meliputi empat desa dan Kelurahan yakni Kelurahan Bumi Emas dan Sebalo.

Menurut camat Bengkayang Robinson dua Kelurahan yang berada dalam pusat kota Bengkayang ini sejak awal tahun mulai terjadi banjir.

"Ya awal tahun dua kelurahan di wilayah Kecamatan Bengkayang yang biasanya belum pernah terendam banjir kini menjadi banjir," ungkap Robinson Kamis (14/01/2021).

Untuk wilayah Kota Bengkayang ia mengungkapkan bahwa baru kali ini terjadi banjir di simpang satu atap Kantor Bupati Bengkayang.

“Jika kita lihat banjir belum lama ini sudah semakin meluas dimana salah satu tugu jalur lintas negara banjir menyebabkan arus lalulintas ke arah perbatasan terganggu," tambahnya.

Robinson mengungkapkan dampak banjir akibat derasnya hujan juga menyebabkan tebing jalan ambruk di wilayah Kelurahan Sebalo arah jalan tiga desa.

''Benar memang ada ruas jalan arah tiga desa Kelurahan Bumi Emas longsor dilaporkan warga. Namu kami arahkan ke tingkat kelurahan dulu, kemudian pihak Kelurahan langsung berkoordinasi dengan kecamatan dan ini akan kita sampaikan ke dinas terkait yakni BPBD yang menangani langsung bencana," paparnya.

Mengingat curah hujan masih cukup tinggi Camat Bengkayang turut menghimbau warga masyarakat untuk tetap waspada akan perubahan cuaca yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Berkanaan bencana alam saya mengimbau masyarakat tetap waspada terutama masyarakat yang tinggal ditepi sungai ,karena pada tahun sebelumnya Sungai Sebalo sempat terjadi banjir bandang," pungkasnya.

Penulis: Bin
Editor: Redaksi

Baca Juga