Dolly Parton, Bintang Musik Country dan Aktris, Turut Mendanai Vaksin COVID-19

  • Bagikan
Dolly Parton saat menghadiri anugerah Grammy ke-61 di Staples Center, Los Angeles, 10 Februari 2019. (Foto: dok).

Suaraindo.id–Dolly Parton berulang tahun ke-75 pada hari Selasa, 19 Januari 2021.

Pelantun ‘Jolene’ itu telah mengukir namanya sebagai penulis lagu sebelum merilis album perdana, “Hello, I’m Dolly” pada tahun 1967. Setelah itu, ia merekam 46 album lagi. Album terakhir berjudul “A Holly Dolly Christmas” dirilis pada tahun 2020.

Artis yang aktif berkarya itu juga berperan dalam film “9 to 5” bersama Jane Fonda dan Lily Tomlin. Ia juga menulis beberapa buku dan memberi sumbangan untuk kegiatan amal melalui Dollywood Foundation, termasuk program literasi yang terkenal, Imagination Library. Selain itu, Dolly Parton terjun ke dunia bisnis dengan sejumlah perusahaan hiburan termasuk taman hiburan Dollywood di Tennessee.

Bintang musik country itu berhasil memenangkan 10 Grammy Awards dan 40 nominasi. Dolly Parton dinominasikan untuk 2 Oscar dan 4 Golden Globes. Parton juga menerima Kennedy Center Honors pada 2006. Tahun 2018, penulis lagu ‘I Will Always Love You’ itu mendapat bintang penghargaan pada Hollywood Walk of Fame.

Dilaporkan juga bahwa sumbangan Parton untuk COVID-19 pada tahun 2020 telah membantu mendanai penelitian yang menghasilkan vaksin Moderna. [mg/ka]

  • Bagikan