DPRD Minta Pemkab Sambas dan Bengkayang Koordinasi Masalah Penanganan Banjir

  • Bagikan

Suaraindo.id- Komisi II DPRD Kabupaten Sambas Erwin Johana menyikapi bencana banjir yang kerap terjadi didaerah perhuluan Sambas khususnya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkayang.

Ia meminta agar pemerintah Kabupaten Sambas segera berkordinasi dengan pemerintah Kabupaten Bengkayang mengenai penanganan masalah banjir yang kerap terjadi, terutama banjir susulan yang kerap melanda wilayah perhuluan Kabupaten Sambas yang merupakan banjir kiriman dari wilayah Kabupaten Bengkayang.

“Beberapa lokasi banjir di Kabupaten Sambas yang tadinya banjir sudah mulai berangsur surut, namun banjir yang melanda di Kecamatan Sejangkung, khususnya di Desa Sepantai dan Semanga, sampai sekarang masih dilanda banjir yang merendam hingga ke bagian atap rumah, ini merupakan banjir  kiriman dari Kabupaten Bengkayang,” ujarnya.

Semestinya, lanjut Erwin, kedua Pemerintah Daerah tersebut harus melakukan upaya untuk mencegah hal terjadinya banjir kembali di kemudian hari.

“Saya kira ketika pada saat banjir melanda, mungkin kita hanya bisa mengantisipasi dampaknya saja, lalu memberi bantuan logistik, serta pelayanan kesehatan kepada korban banjir, hal ini jangan terulang setiap tahunya,” tambahnya.

Terkait lemahnya serapan air di Kabupaten Bengkayang, ia meminta semestinya persoalan tersebut dapat segera diatasi.

“Maka Pemda Kabupaten Sambas seharusnya untuk segera menghubungi Pemda Kabupaten Bengkayang saling koorsinasi atau meminta bantuan dari Pemerintah Provinsi untuk mencegah hal terjadinya banjir di kemudian hari. Setiap musim penghujan di wilayah Bengkayang, desa-desa yang berada di perbatasan kabupaten yang terkena getahnya, kita yang menjadi kebanjiran,” ungkapnya.

Hal senada juga pernah diutarakan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili. Ia mengatakan bahwa bencana banjir yang kerap melanda sejumlah darah di Kabupaten Sambas merupakan banjir kiriman yang datang dari Kabupaten Bengkayang.

“Secara sektoral tidak bisa kita tangani, melainkan harus berkaitan dengan wilayah lainnya, yaitu Kabupaten Bengkayang.” pungkasnya.

  • Bagikan