Sekilas Info

Racia Knalpot Racing

Pakai Knalpot Racing, Ratusan Motor Diamankan Polisi

Suaraindo.id---Jajaran Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Bandar Lampung sampaikan bahwa pihaknya telah mengamankan ratusan unit kendaraan roda dua yang mengunakan knalpot racing.

Saat konferensi pers Selasa (12/1/2021) Waka Resort Polresta Bandar Lampung AKBP Ganda M Saragih, menerangkan bahwa pohaknya telah mengamankan 170 unit kendaraan yang mengunakan knalpot racing yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraannya.

"Kendaraan kita amankan dan dilakukan tilang. Karna dapat menganggu kenyamanan bagi masyarakat," ujarnya.

Dijelaskannya, mengunakan knalpot racing dapat menganggu kenyamanan orang lain maka ada sangsi tegas oleh aparat kepolisian. "Dasar hukumnya ada pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yaitu dijelaskan pada Pasal 285 UU LLAJ, disebutkan knalpot laik jalan merupakan salah satu persyaratan teknis kendaraan dikemudikan di jalan," terangnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan apabila bagi pengendara yang yang melakukan modifikasi motor diwajibkan lapor agar dapat persetujuan legalitas jalan.

"Standar tingkat kebisingan knalpot sudah ditentukan di Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 Tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru," tutupnya

Penulis: Febri
Editor: Heny

Baca Juga