Pemkab Lampung Utara Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan

Suaraindo.id- Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menggelar rapat sosialisasi lintas sektoral dalam rangka menindaklanjuti rapat koordinasi Pemerintah Provinsi Lampung terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Rabu (20/1/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara Lekok, menyampaikan kesiapsiagaan pihaknya terhadap pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 di Kabupaten Lampung utara. Dimana Kabupaten Lampung Utara tercatat dalam kategori zona Merah Covid-19.

“Rapat Ini dilakukan menindaklanjuti rapat koordinasi di tingkat Provinsi kemarin bersama Pak Gubernur Lampung tentang vaksinasi covid-19,” ujarnya.

Sekda mebambahkan beberapa daerah yang sudah masuk dalam kategori zona merah Covid-19, termasuk Kabupaten Lampung Utara. Untuk itu, Sekda meminta semua pihak, terutama Dinas Kesehatan Lampura dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 nantinya bisa berjalan lancar sesuai aturan dan ketentuannya.

“Nanti setelah vaksin tiba di Lampung Utara, pendistribusiannya harus jelas. Saya mendapatkan laporan bahwa untuk di Lampung Utara di 27 puskesmas dan 2 Rumah Sakit. Kita harapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegasnya.

“Siapa saja yang di Vaksin nanti saya minta Kadiskes yang menjelaskan, termasuk vaksinatornya, dan tidak kalah penting dibuat komite daerah untuk memonitoring pelaksanaan sebelum dan setelah vaksin,” sambungnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lampura Maya Manan, menyebut data Covid-19 terjadi peningkatan kasus sehingga Lampura masuk zona merah.

“Dengan dilakukan vaksinasi Covid-19 bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat virus corona, melindungi kondisi tubuh, dan tentunya juga meminimalkan dampak ekonomi,” ujarnya.

Ia mengatakan vksin covid-19 yang disediakan saat ini di Indonesia dan dalam proses pendistribusian ke derah-daerah yakni.

“Vaksin Sinovac ini merupakan virus yang dilemahkan ke dalam tubuh kita untuk membentuk antibody,” jelasnya.

Maya Manan juga memastikan untuk pengiriman Vaksin Sinovac ke Lampung Utara akan dikirimkan dalam waktu dekat.

“Jumlah penduduk sasaran vaksinasi di Lampung Utara untuk usia 18-59 tahun berjumlah 355.747 orang,” tutupnya.

  • Bagikan