Pemkab Sanggau Gelar Upacara Peringatan HUT Pemprov Kalbar ke -64

  • Bagikan

Suaraindo.id- Memperingati hari jadi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke 64 tahun 2021. Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara di halaman Kantor Bupati Sanggau, Kamis (28/1/2021).

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi dan di ikuti segenap jajaran pegawai di Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya Gubenur Kalimantan Barat Sutarmidji yang dibacakan oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan bahwa peringatan hari jadi Pemerintah Provinsi Kalbar ke 64 diperingati dalam suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana  saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 yang masih belum mereda, ditambah lagi dengan bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Kabupaten.

“Melalui peringatan HUT Pemprov Kalbar ini, mari kita jadikan kembali sebagai momentum  kebersamaan untuk merefleksi serta introspeksi terhadap kontribusi dan karya nyata kita dalam pelaksanaan pembangunan demi tercapainya visi Pemerintah Provinsi Kalbar yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan tata kelola pemerin tahan,” ungkap Gubenur Kalbar dalam sambutan yang dibacakan Bupati Sangau.

Gubenur Kalbar melanjutkan dalam usia Pemprov Kalbar yang ke-64 tahun ini dikatakan Gubenur bahwa pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kalbar telah banyak mencatat kemajuan dan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun yang cukup pesat.

Dimana oerkembangan tersebut dikatakan Sutarmidji dapat rasakan semakin tersedia nya infrastruktur yang berkualitas
seperti jalan, jembatan serta transportasi, yang pada gilirannya telah memberikan dampak positif pada meningkatnya konektifitas antar wilayah di Kalbar.

Selain itu dengan akan optimalnya pengoperasian pelabuhan Interna sional Kijing di Kabupaten Mempawah, diharapkan dapat menjadi pengungkit ekspor berbagai produk dari Provinsi Kalbar yang akan semakin meningkatkan perekonomian seluruh masyarakat di Kalbar.

“Demikian juga, capaian Provinsi Kalbar dalam hal pembangunan sumber daya manusia dapat kita lihat dari indeks pembangunan manusia yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Capaian ini tentunya menggambarkan bahwa masyarakat Kalbar semakin sehat, cerdas, dan produktif,” sambungnya.

Dari sisi pemerataan pembangunan, Pemprov Kalbar bersama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota terus berupaya untuk meningkatkan kemandirian desa sebagai salah satu program prioritas pembangunan, dimana pada tahun 2020 keberadaan desa mandiri di Provinsi Kalbar terus bertambah hingga menjadi 214 desa mandiri,yang sebelumnya desa mandiri hanya 87 dan terjadi kenaikan.

Saat ini sembilan Kabupaten di Kalbar juga telah dinyatakan terbebas dari desa sangat tertinggal. Dengan kondisi capaian tersebut dapat menggambarkan bahwasanya pelaksanaan pembangunan relatif telah dapat dirasakan oleh masyarakat secara merata hampir di seluruh wilayah Provinsi Kalbar.

Pada upacara peringatan HUT Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke 64 digelar sedikit berbeda dari biasanya dimana semua peserta dan pembina upacara mengenakan pakaian adat Nusantara yang menandakan rasa persatuan dan kesatuan.

Hadir juga pada upacara tersebut Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka, Forkompimda, para Asisten dan Staff Ahli Bupati Sanggau, Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari, Perwakilan dari SKPD, TNI dan Polri.

  • Bagikan