Kongres: Ekonomi AS akan Kembali Normal Pertengahan Tahun

  • Bagikan
Warga AS antre untuk mendaftar klaim tunjangan pengangguran di Frankfort, Kentucky, AS (foto: dok).

Suaraindo.id–Ekonomi AS akan tumbuh dengan laju normal dalam 10 tahun mendatang, mulai pertengahan 2021, setelah pandemi virus corona dikendalikan, menurut ramalan Kongres AS hari Senin (1/2).

Kantor Anggaran Kongres (CBO) yang non-partisan mengatakan sementara jutaan warga AS divaksinasi, “ekspansi ekonomi yang dimulai pada pertengahan 2020 akan berlanjut” hingga 2031.

CBO mengatakan ekonomi AS sebesar 20.8 triliun dolar, yang terbesar di dunia, “diperkirakan kembali ke tingkat sebelum pandemi pada pertengahan 2021 dan melampaui potensinya” — tingkat berkesinambungan maksimum — pada awal 2025.

CBO memproyeksikan tingkat pengangguran AS — 6.7% pada Desember — akan berkurang secara bertahap hingga 2026, dan jumlah orang yang bekerja akan kembali ke tingkat sebelum pandemi pada 2024.

Para pejabat urusan tenaga kerja mengatakan hampir 10 juta dari 22 juta pekerja yang di-PHK akibat pandemi, masih menganggur.

Kongres tahun lalu menyetujui hampir 4 triliun dolar untuk berbagai bantuan mengatasi imbas pandemi vius corona. Presiden Joe Biden mengusulkan tambahan 1,9 triliun dolar untuk membantu perorangan dan bisnis, serta meningkatkan program vaksinasi. Namun, 10 senator Republik mengusulkan jumlah yang lebih kecil yaitu 618 miliar dolar.

Biden dan ke-10 Senator Republik itu bertemu Senin (1/2) untuk membahas usul mereka. [vm/ka]

  • Bagikan