Nagari Sirukam Kabupaten Solok Kembangkan Desa Kopi

  • Bagikan

Suaraindo.id- Memiliki potensi sebagai daerah penghasil kopi karena berada di dataran tinggi, Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mengembangkan Program Desa Kopi.

Melalui kerja sama dengan sebuah Dompet Dhuafa, Pemerintah Nagari Sirukam berharap Desa Kopi tersebut nantinya dapat menghasilkan komoditi kopi terbaik untuk peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Salah seorang petani kopi di daerah itu, Abdul Rahman mengatakan komiditi tanaman kopi jenis arabika menjadi tanaman paling diandalkan.

” kita memang mengembangkan kopi arabika di nagari sirukam, karna memang cocok dengan ketinggian dan peruntukan untuk kopi arabika itu sendiri”, ucapnya.

Hingga saat ini 50 % dari luas wilayah di desa kopi nagari sirungkam ini sudah ditanami tanaman kopi.

” kalau karakternya itu, kopi di sirukam itu lebih soft, biasanya kalau orang belum terbiasa ngopi, cobain kopi sirukam dulu, dia tidak akan terlalu kaget dengan rasa kopi yang original”, ujarnya.

Walinagari Sirukam, Romi Febriandi mengatakan, hingga saat ini kopi dari daerah Sirukam sudah mulai dikenal berbagai kalangan masyarakat.

Salain itu, hasil produksi kopi yang diberi nama dengan Kopi Solok Sirukam ini juga sudah mulai dipasarkan kebeberapa daerah lainnya di Sumatra Barat.

” Saat ini kopi kita sudah dikenal berbagai kalangan pecinta kopi dan sudah di produksi ke sejumlah wilayah sumatera barat, yang memberikan dampak peningkatan tersendiri bagi petani kopi di nagari sirungkam ini” Tegasnya.

  • Bagikan