Tegakan Disiplin Prokes 18 Pengunjung Warkop di Sanggau Diswab

  • Bagikan
Warga saat jalani test swab

Suaraindo.id- Tim gabungan satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau menggelar test swab kepada sejumlah pengunjung cafe, maupun warung kopi di seputaran Kota Sanggau, Rabu malam (19/5/2021).

Test swab dilakukan sebagai langkah penegakan disiplin protokol kesehatan serta pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Koordinator lapangan PPKM Kabupaten Sanggau Ipda Rukmana mengatakan sejak diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro pihaknya gencar melakukan swab bagi masyarakat yang dianggap masih membandel dengan menggunakan mobil PCR milik Pemerintah Kabupaten Sanggau.

“Kuncinya kita mobil PCR ini, kalau beberapa bulan lalu kita melakukan sosialisasi melalui himbauan pengeras suara setelah kita lewat dia (warga) masuk lagi. Tapi dengan adanya mobil PCR rata-rata kesadarannya meningkat bahkan tempat usaha-usaha tutup juga sebelum jam pemberitahuan,” jelas Ipda Rukmana

Disatu sisi Rukmana juga turut mengapresiasi tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan seperti menggunakan masker yang dinilainya sudah cukup baik. Meski tidak sedikit juga warga yang masih ditemukan abai akan penerapan prokes.

Sementara itu, Dokter Puskesmas Sanggau Afro Costa Siagian mengatakan dari hasil swab yang dilakukan terhadap 18 orang pengunjung cafe oleh tim satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau, kesemuanya itu dinyatakan negatif.

“Terhadap 18 orang yang dilakukan swab tersebut hasilnya negatif. Dari kegiatan-kegiatan sebelumnya sudah ada kita temukan yang positif dan sudah kita tindak lanjuti dengan isolasi mandir dan pemberian obat,” pungkas Afro

  • Bagikan