Program PKH di Lampung Utara Diduga Tak Tepat Sasaran 

  • Bagikan

Suaraindo.id—Program Keluarga Harapan (PKH) sejatinya diperuntukan untuk masyarakat yang kurang mampu, hal itu membuktikan keseriusan pemerintah dalam membantu meningkatkan kwalitas ekonomi warga negara Indonesia.

Nah, bicara soal penerima, hendaknya program tersebut harus tepat sasaran sesuai dengan data yang akurat tanpa ada tebang pilih, sehingga polemik penerima PKH tidak bermunculan.

Sayangnya di Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, penerima Program Keluarga Harapan (PKH) diduga ada si mampu yang kecipratan. Bahkan diduga ada istri oknum kepala desa (Kades) yang menerima.

Tentunya pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) harus lebih detail mengevaluasi daftar calon penerima program yang diusung oleh pemerintah dalam membantu meringankan beban ekonomi warga ditengah wabah pademi virus covid-19 yang saat ini sedang melanda dinegeri ini.

Menanggapi isu yang berkembang tersebut, salah seorang warga Desa Gunung Besar, Kecamatan Abung Tengah, Kabupaten Lampung Utara yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa yang menerima bantuan PKH adalah diduga Istri kepala desa (Kades) setempat yang bernama Ria Astuti. Tentunya, ini menjadi perbincangan yang hangat ditengah masyarakat.

“Kami heran saja kok Istri kades mendapatkan bantuan PKH, sedangkan masih banyak warga yang lebih layak untuk mendapatkannya,” ujarnya, Jumat (16/7/21).

Namun, seriring berjalannya waktu, nama istri kades tersebut masih ada didalam daftar penerima PKH hingga hari ini.

“Nama yang bersangkutan masih ada sampai saat ini didalam daftar penerima, untuk pastinya coba hubungi pendampingnya saja dan pertanyakan kenapa dia bisa dapat,” katanya.

Sementara, sampai berita ini diterbitkan Pendamping PKH belum dapat dikonfirmasi guna mempertayakan kinerja Petugas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang mendata warga miskin di daerah tersebut.

Saat ini media Suaraindo.id terus mendalami polemik dugaan penerima PKH tersebut termasuk mengkonfirmasi desa yang bersangkutan.

Penulis: Tim Liputan Editor: Febry
  • Bagikan