Obama-Springsteen Siap Luncurkan “Renegades” Oktober

  • Bagikan
Presiden AS Barack Obama saat mengalungkan Medal of Freedom kepada Bruce Springsteen di Gedung Putih, 22 November 2016.

Suaraindo.id–Ada babak baru dalam hubungan persahabatan mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan musisi papan atas Bruce Springsteen yang kerap dijuluki “The Boss.”

“Renegades: Born in the USA,” adalah pengejawantahan terbaru dari serial podcast “Renegades” yang berisi pembicaraan Obama dan Springsteen tentang semua hal, mulai dari ketenaran hingga mobil, dan tentang Amerika.

Penguin Random House dan perusahaan Obama – Higher Ground – Kamis (22/7) mengumumkan bahwa buku berjudul “Renegades” siap diluncurkan pada 26 Oktober mendatang. Buku seharga $50 atau sekitar Rp 724 ribu itu akan memuat foto-foto langka, lirik lagu yang masih dalam bentuk tulisan tangan Springsteen, dan anotasi pidato Obama.

“Selama bertahun-tahun, apa yang kami temukan adalah bahwa kami memiliki kepekaan bersama,” ujar Obama dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilaporkan Associated Press.

“Tentang pekerjaan, tentang keluarga dan tentang Amerika. Dengan cara kerja kami sendiri, Bruce dan saya telah melakukan perjalanan yang pararel untuk berupaya memahami negara yang telah memberi kami begitu banyak hal. Mencoba mencatat kisah-kisah rakyatnya. Mencari cara untuk menghubungkan pencarian jati diri kita sendiri, artinya dan kebenaran, serta komunitas dengan kisah-kisah yang jauh lebih luas,” tambahnya.

Dalam pengantar buku itu, Springsteen menulis bahwa ia dan Obama telah mengangkat isu-isu serius dalam pembicaraan mereka, tentang “nasib negara, nasib warganya, kekuatan korupsi yang buruk dan menghancurkan, yang ingin menghancurkan semua.”

“Inilah saatnya untuk mempertimbangkan secara serius tentang siapa yang kita inginkan dan negara seperti apa yang akan kita tinggalkan untuk anak-anak kita,” tulis Springsteen, yang pada 2016 menerima penghargaan Medal of Freedom dari Obama.

“Apakah kita akan melepaskan harapan kita pada yang terbaik, atau kita akan bersatu untuk menghadapi apapun?”

Dalam buku ini Anda tidak akan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, tetapi Anda akan menemukan sejumlah orang yang mencari cara untuk melakukan hal-hal terbaik, yang membuat kami mengajukan pertanyaan lebih baik lagi.” [em/lt]

  • Bagikan