Suhu Panas Rumitkan Penerapan Protokol COVID-19 Olimpiade Tokyo

  • Bagikan
Salah satu pintu masuk ke perkampungan atlet di Olimpiade Tokyo di Tokyo, Jepang.

Suaraindo.id–Panitia Olimpiade Tokyo memperingatkan para atlet dan sukarelawan untuk bersiap menghadapi panasnya musim panas dan tetap terhidrasi ketika suhu meningkat di seluruh Jepang menjelang pembukaan pesta olahraga itu.

Menurut “buku pedoman” protokol virus corona di arena Olimpiade, para atlet dan delegasi diminta mengenakan masker setiap saat kecuali saat bertanding, berlatih, makan, minum atau tidur.

Namun masker cenderung mengumpulkan lebih banyak panas dan menyebabkan rasa haus.

Oleh karena itu penyelenggara Olimpiade mendesak para atlet dan staff untuk membawa air, atau memastikan mereka tetap terhidrasi setiap saat. “Kami percaya sangat penting untuk menyeimbangkan langkah-langkah tentang suhu panas dengan pedoman soal virus corona,” ujar Hide Nakamura, Kepala Komite Pelaksana Tokyo 2020.

Untuk mengurangi efek panas, pihak penyelenggara telah mengambil tindakan untuk sebagian cabang olahraga, termasuk memindahkan maraton dan jalan cepat ke kota Sapporo di bagian utara, yang suhunya lebih dingin dibandingkan Tokyo.

Kementerian Lingkungan Hidup Jepang juga telah membuat situs web yang menerbitkan indeks suhu panas dan peringataan bahwa sengatan panas di tempat-tempat penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade di seluruh Jepang. [em/jm]

  • Bagikan