Warga Desa Limbangan Antusias Ikuti Vaksinasi Tahap II

  • Bagikan

Suaraindo.id – Pemerintah Desa Limbangan bekerjasama dengan Puskesmas Limbangan melaksanakan vaksinasi untuk lansia dan pelayanan publik tahap II dosis II di aula Balai Desa Limbangan, Kabupaten Kendal, Jateng, Senin (26/07/2021).

Pelaksanaan vaksinasi secara teknis dilakukan oleh pihak Puskesmas Limbangan bertempat di Balai Desa Limbangan dengan sasaran lansia dan pelayanan publik dengan jumlah 55 warga yang di vaksin.

Menurut Munjiyah selaku Kepala Desa Limbangan, sasaran tersebut berkenaan dengan kondisi lansia dan pelayanan publik yang lebih rentan terhadap virus COVID-19.

“Nah karena memang dia rentan terhadap virus COVID-19. Prioritas dari pemerintah itu memang lansia dan pelayanan publik dulu, kenapa? Karena memang dia termasuk kategori masyarakat rentan. Masyarakat rentan itu diusia segitu memang mudah untuk terkena virus COVID-19”, papar Munjiyah. “Untuk masyarakat rentan dengan usia 60 ke atas itu lansia,” lanjutnya.

Selain lansia, vaksinasi juga diberikan kepada pelayanan publik. Berdasarkan paparan Kepala Desa, secara umum kriteria dari peserta vaksinasi ialah berada dalam keadaan sehat, namun jika peserta vaksin masih dalam perawatan dokter, maka harus ada surat keterangan dari dokter terkait kelayakan pemberian vaksin tahap II dosis II.

Berdasarkan kriteria tesebut, peserta vaksin harus benar-benar dalam keadaan sehat dan memenuhi syarat.

Oleh karena itu, sebelum proses pelaksanaan vaksinasi, terdapat proses screening meliputi tensi, suhu, dan wawancara kondisi penyakit-penyakit menahun yang pernah diderita. Jika terdapat penyakit menahun yang pernah diderita dan tidak terkontrol, maka proses vaksinasi tidak dapat dilanjutkan.

“Harus benar-benar sehat bagi sasaran yang ingin divaksinasi COVID-19,”kata Munjiyah.

Alur pelaksanaan vaksinasi ini meliputi proses screening, vaksinasi, pencatatan kartu vaksin dan observasi. Kegiatan observasi dilakukan untuk mengamati efek samping yang berbeda bagi setiap orang. Efek samping maupun pelaporan keluhan yang muncul setelah proses vaksinasi dapat disampaikan kepada bidan.

Pelaksanaan vaksinasi di Desa Limbangan yang mengumpulkan massa tetap menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

  • Bagikan