Masalah Lahan Perkebunan, PT. Permata Hijau Pasaman Memanas dengan Masyarakat

  • Bagikan

Suaraindo.id- PT Permata Hijau Pasaman yang berada dikawasan Sasak Ranah Pesisir dengan masyarakat kian memanas, Hal ini dipicu oleh adanya permasalahan aktifitas perusahaan yang merugikan masyarakat sekitar, Rabu (25/8/2021).

Pt. Permata Hijau Pasaman Mengklaim lahan yang akan mereka tanami itu adalah hak mereka yang telah disepakati  oleh ninik mamak setempat sejak dahulu.

“Kita mendirikan perkebunan ini dari kesepakatan dari ninik mamak terdahulu” ucap Marihot Sitompul Devisi Manager Pt .PHP 1.

Namun Hal itu di bantah oleh Ninik mamak dan masyarakat setempat , bahkan masyarakat menghalangi kegiatan menanam dengan cara blokade jalan akses masuk perkebunan, Masyarakat kecewa dengan tidak transparan dan tidak mau perusahaan melihatkan HGU perusahaan itu .

“Kita kecewa dengan tindakan pihak perusahaan yang tidak transparan tenrang kelegalan HGU nya ” Ninik mamak kapa

Di lain sisi perkara ini telah pernah di proses secara hukum di pengadilan Namun masih menunggu putusan ,namun putusan itu belum juga di publikasikan entah apa sebab nya .

Hal itu di sampaikan oleh masyarakat kapa yang mengaku sebagai pribumi nagari kapa itu , Kata ninik mamak kami permasalahan ini sedang dalam perkara dan belum ada putusan nya tapi kenapa pihak perusahaan semena-mena saja tampa mempedulikan hasil persidangan yang belum di putuskan itu

“Pihak perusahaan semena-mena saja , padahal perkara ini masih menunggu putusan ,tapi kenapa pihak perusahaan berani melakukan kegiatan di atas tanah yang masih dalam proses hukum ” ucap naldi pemuda pribumi nagari kapa .

Untuk mengamankan aksi satuan Polda Sumbar  bersama Satuan Polres Pasaman barat turun ke lokasi Kejadian itu .

“Kita berupaya untuk mediasi dengan masyarakat ,dan menertibkan masyarajat agar tidak ada terjadi tindakan yang menyalahkan hukum seperti kekerasan ” ucap Gusdi anggota Polda Sumatra barat yang turun ke TKP.

Hampir seluruh Perusahaan Pengelola mau pun Perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat ini bentrok kepada masyarakat ,Dari permasalahan Limbah ,Cerobong Asap hingga sengketa lahan kepada masyrakat pribumi .

  • Bagikan