Aljazair Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Maroko

  • Bagikan
Menteri Luar Negeri Aljazair Ramtane Lamamra mengadakan konferensi pers di Ibu Kota Aljir, pada 24 Agustus 2021. (Foto: AFP)

Suaraindo.id–Menteri Luar Negeri Aljazair Ramtane Lamamra, Selasa (24/8), mengatakan negaranya memutuskan hubungan diplomatik dengan Maroko “mulai hari ini,” di tengah meningkatnya permusuhan di antara dua negara tetangga di Afrika Utara itu.

Kantor berita Associated Press melaporkan pengumuman itu muncul seminggu setelah Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune, dalam pertemuan dewan keamanan mengatakan “tindakan permusuhan yang terus menerus” oleh Maroko meningkatkan “perlunya revisi dalam hubungan antara kedua negara dan pemeriksaan keamanan yang lebih intensif di perbatasan barat” dengan Maroko.

Langkah ini diambil pasca meningkatnya ketegangan di antara kedua negara tetangga yang terperosok dalam perseteruan lama soal perbatasan yang saling berdekatan.

Beberapa minggu terakhir ini masalah yang ada semakin memburuk, ketika Duta Besar Maroko Untuk PBB mengatakan orang-orang di wilayah Kabyle Aljazair harus memiliki hak untuk menentukan status masa depan mereka.

Hal ini disampaikan mengingat dukungan Aljazair pada upaya gerilyawan Polisario untuk menentukan nasib mereka sendiri di Sahara Barat yang masih disengketakan, yang dianeksasi oleh Maroko pada 1975. [em/lt]

  • Bagikan