Bupati Kendal Lantik Pejabat Fungsional, Apa Pesannya?

  • Bagikan

Suaraindo.id – Bupati Kendal Dico M Ganinduto melantik dan pengambilan sumpah jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.hal itu diungkapkan bupati Kendal melalui Virtual, Senin (02/07/2021).

Hal itu dilakukan Berdasarkan data kondisi kendal saat ini, kendal menghadapi tantangan untuk meningkatkan ekonomi dan pembangunan di masa pandemi ini. dengan adanya keuntungan bonus demografi, maka diperlukan peningkatan kualitas SDM terutama ASN dalam memajukan kendal disaat pandemi bahkan setelah pandemi berakhir.

Lanjut Bupati Dico, sesuai dengan visi bupati yaitu Peningkatan kualitas SDM terutama ASN di kendal telah tertuang dalam visi bupati yakni pada visi unggul dan berkeadilan. Visi unggul memiliki makna mewujudkan SDM yang unggul, berkualitas, religius, berbudaya, sehat jasmani dan rohani serta berdaya saing dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

“Sedangkan visi berkeadilan memiliki makna Pemerataan pembangunan berbasis pengembangan wilayah yang ditopang tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, melayani dan partisipatif. Maka, melalui 2 visi tersebut, diharapkan tercipta SDM dan ASN Kendal yang unggul, berkualitas, bersih, melayani, partisipatif, dan transparan,” tutur Bupati Kendal.

Ia juga mengatakan, bahwa ASN saat ini harus memiliki karakter. Pertama adalah kreatif dan inovatif untuk menghadapi uncertain world / kondisi dunia yang tak menentu guna terus adaptif dan selalu menemukan solusi – solusi baru bagi kemajuan daerah di tengah tak menentunya perkembangan dunia. Kedua, cekatan dan fleksibel untuk memajukan Kendal dalam kompetisi global yang berkembang sangat cepat di semua aspek kehidupan menjadi birokrasi yang agile.

“Ketiga, gigih dan tekun dalam menghadapi kompleksitas permasalahan dan dalam menjalankan pemerintahan daerah harus mempunyai mimpi mewujudkan birokrasi yang handal dan berkelas dunia, dan yang keempat adalah kerjasama guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam bekerja melayani masyarakat, serta dalam membangun daerah serta Bapak/Ibusekalian yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatan harus mempunyai target tugas,” terang Bupati Dico.

Kemudian tentunya dari karakteristik tersebut, menurut Bupati Dico, ASN yang diharapkan harus bisa Handal dan profesional dalam menjalan tugas individu bagian dari pengembangan karier dan tugas organisasi untuk membantu mewujudkan Kendal handal serat Kendal lebih baik. Mempunyai integritas dalam menjalankan tugas dan fungsi yang menjadi nilai dari identitas diri terhadap pertanggung jawaban kepada masyarakat. Selain itu, harus bisa melayani dengan penuh keikhlasan dan komitmen guna mewujudkan excellent service, serta menjadi ASN yang bebas dari intervensi dan KKN.

“Maka untuk mewujudkan hal tersebut Saya menghimbau dan menekankan kepada Saudara Saudara khususnya yang baru dilantik dan secara umum kepada Seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat sebagai wujud pertanggung jawaban kepada Allah SWT dan dijadikan ibadah dengan mengedapankan prinsip-prinsip pelayanan yang terbaik, murah dan ekonomis, tepat waktu, mudah mengakses, memeberikan rasa aman, kenyamanan, ramah, rasa santun dan sopan,” tegas Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Ia juga mengharapkan, agar yang baru dilantik agar fokus dan berkompeten dalam bidang tugasnya, menjadi Agent of Change, menguasai teknologi, mempunyai wawasan global (handal dan berkelas dunia), berinovasi dan kreatif, profesional dan bertanggung jawab, berkomitmen dan berintegritas, ASN yang reapinsif, cekatan dan fleksibel.

Terakhir Bupati Dico mengucapkan selamat kepada para PNS yang baru saja dilantik dan diambil Sumpah Jabatan Fungsional, semoga apa yang disampaikan dapat dijalankan dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab, dan semua selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Tak lupa, Bupati Kendal juga berpesan agar selalu menjaga Kesehatan dan Patuhi Protokol Kesehatan serta 5 M (Mencuci Tangan, MemakaiMasker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas.

  • Bagikan