Granholm, Delegasi AS Bertemu Para Pemimpin Energi Ukraina

  • Bagikan
Menteri Energi AS Jennifer Granholm (tengah) menghadiri KTT Platform Krimea di Kyiv, Ukraina, Senin, 23 Agustus 2021. (Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)

Suaraindo.id–Menteri Energi AS bertemu dengan beberapa perwakilan bidang energi Ukraina di Kyiv, Selasa (24/8) untuk membahas energi bersih ketika Negara Eropa Timur itu merayakan 30 tahun kemerdekaannya.

Jennifer Granholm berbicara dengan para pemimpin perusahaan energi swasta Ukraina tentang masalah seputar emisi karbon dan transisi ke energi bersih.

Delegasi Granholm juga menghadiri KTT Platform Krimea, yang diprakarsai Ukraina untuk menekan Rusia sehubungan aneksasi Krimea tahun 2014 yang telah dikecam sebagai tindakakan ilegal oleh sebagian besar dunia.

Berbicara di KTT tersebut, Granholm menyatakan AS akan tetap memberlakukan sejumlah sanksi pada Rusia “sampai Rusia mengakhiri pendudukan Krimea dan agresi di Ukraina timur.”

Ia berjanji untuk fokus pada “upaya-upaya diplomatik dengan sejumlah sekutu dan mitra” dalam mengakhiri konflik tersebut.

Juga pada Selasa, Ukraina merayakan hari kemerdekaannya dengan melakukan parade militer dan perayaan besar-besaran di ibu kota Kyiv. [mg/jm]

  • Bagikan