Gedung Putih: Situasi terkait Rusia-Ukraina ‘Sangat Berbahaya’

  • Bagikan
Juru bicara pers Gedung Putih, Jen Psaki

Suaraindo.id–Menteri Luar Negeri Antony Blinken akan bertemu mitranya dari Rusia di Swiss pekan ini sementara ketegangan antara Amerika dan Rusia meningkat atas kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina. Demikian disampaikan Departemen Luar Negeri Amerika Selasa (18/1).

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki menegaskan urgensinya pertemuan itu, dan mengatakan kepada wartawan: “Kami menilai, situasi ini sangat berbahaya.”

“Kita sekarang berada pada tahap di mana Rusia kapan saja bisa melancarkan serangan ke Ukraina. Dan apa yang akan dilakukan Menteri Blinken adalah dengan sangat jelas menyampaikan bahwa ada jalur diplomatik untuk mengatasi itu,” kata Psaki.

Ia mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin menciptakan krisis dengan mengerahkan 100.000 tentara di perbatasan Ukraina. Kini terserah Putin dan rakyat Rusia untuk memutuskan apakah akan menyerang dan kemudian “menerima konsekuensi ekonomi yang parah.”

Blinken Selasa berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, membahas pembicaraan diplomatik dan pertemuan yang diadakan minggu lalu. Terkait situasi Rusia-Ukraina, Departemen Luar Negeri mengatakan, Blinken “menekankan pentingnya tetap berada pada jalur diplomatik untuk meredakan ketegangan” dan “menegaskan kembali komitmen Amerika yang tak tergoyahkan” atas kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina. [ka/lt]

  • Bagikan