Gempa 6,7 M Guncang Banten, Berpotensi Sebabkan Gempa Susulan

  • Bagikan
Karyawan Kementerian Keuangan di Jakarta Pusat terlihat berada di luar gedung setelah gempa berkekuatan 6,7 M mengguncang Banten dan dirasakan hingga di Jakarta. (Foto: Courtesy/Jeje Jafar Sidik)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan magnitude 6,7 mengguncang Banten pada pukul 16.05 WIB. Epinsentrum gempa terjadi di 52 kilometer barat daya Sumur. Gempa tersebut diperkirakan tidak akan menyebabkan tsunami, tetapi berpotensi menimbulkan gempa susulan.

Guncangan tersebut terasa sangat kuat dirasakan di beberapa wilayah, termasuk di antaranya Jakarta dan Depok. Bahkan karyawan yang sedang berkantor di gedung-gedung di Jakarta berhamburan keluar, sebagaimana dituturkan Ari Bawono, seorang karyawan sebuah bank yang kantornya terletak di kawasan Tomang, Jakarta Barat.

“Karyawan gedung di sebelah, Graha Antero dan yang di seberang, Jagat Office, juga berhamburan,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Jeje Jafar Sidik, karyawan Kementerian Keuangan. “Begitu gempa terasa, langsung pada bubar,” ujarnya.

Sementara Devi Ariyani dan Dian Kusumawati yang berdomisili di Depok, Jawa Barat, mengatakan guncangan tersebut juga sangat terasa di rumahnya. “Bahkan karyawan pertokoan yang dekat rumah, langsung pada keluar toko,” ujar Devi. [ah/rs]

  • Bagikan