Pakistan Lantik Hakim Agung Perempuan Pertama

  • Bagikan
Ketua MA Pakistan Gulzar Ahmed (kiri) memimpin upacara sumpah jabatan Ayesha Malik (kanan) sebagai Hakim Agung di Islamabad, Senin (24/1).

Suaraindo.id–Pakistan melantik Hakim Mahkamah Agung perempuan pertamanya pada Senin (24/1). Perkembangan itu dinilai sebagai momen penting dalam sejarah pengadilan yang didominasi laki-laki di negara mayoritas Muslim itu.

Ayesha Malik, 55, dilantik dalam sebuah upacara di ibukota, Islamabad. Pelantikan itu disiarkan langsung di televisi. Ia kini bergabung dengan 16 hakim laki-laki di pengadilan tertinggi itu.

“Saya ingin memberi ucapan selamat kepada Hakim Ayesha Malik yang menjadi hakim perempuan pertama di Mahkamah Agung. Saya doakan yang terbaik baginya,” cuit Perdana Menteri Imran Khan.

Proses pengangkatan Malik ke pengadilan tertinggi dari pengadilan tinggi provinsi Punjab sangat sengit.

Komisi kehakiman beranggotakan sembilan orang, yang memutuskan promosi hakim, menolak pengangkatan Malik tahun lalu. Tapi, tahun ini, komisi itu memilih dengan suara 5-4 untuk mengangkatnya.

Banyak asosiasi dewan dan pengacara di seluruh Pakistan menentang pencalonannya. Mereka mengatakan pengangkatan itu tidak sejalan dengan urutan senioritas karena Malik tidak termasuk tiga hakim paling senior di pengadilan provinsi tersebut.

Hakim Ketua Gulzar Ahmed, yang membacakan sumpah, memberitahu wartawan setelah pelantikan bahwa Malik cukup kompeten untuk diangkat ke Mahkamah Agung. [vm/jm]

  • Bagikan