Sungai Batang Air Haji Pasaman Barat Meluap, 15 Rumah Warga Terendam

  • Bagikan

Suaraindo.id- Sebanyak 15 rumah warga terendam banjir akibat luapan Sungai Batang Air Haji, Nagari Air Haji, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, diperkirakan ketinggian banjir mencapai 2 meter, akibatnya 15 Kepala keluarga mengungsi kerumah tetangga sekitar yang tidak terendam banjir.

Secara rinci wilayah terndam banjir tersebut berada didua titik lokasi yaitu ditanah periuk dan tanah bekali, kejadian tersebut terjadi pada Rabu sore 19 Januari 2022 sekitar pukul 17.00 wib.

Kepala Jorong Air haji Joni wandi mengatakan, Air Sungai Batang Air Haji meluap akibat turunnya hujan dengan intensitas tinggi mulai dari siang hari dan air naik secara tiba tiba sehingga warga tidak sempat menyelamatkan harta bendanya.

“Hujan mulai turun dengan intensitas tinggi mulai dari siang hari, sehinnga Sungai Batang Air Haji meluap dan merendam rumah warga yang berada disekirtar sungai tersebut,” ujarnya

Selain itu, banjir tersebut juga menyebabkan arus lalu lintas Simpang Empat-Ujung Gading atau sebaliknya putus total. Ketinggian air yang menggenangi badan jalan mencapai lebih dari satu meter.

“Puluhan kendaraan arah Ujung Gading Simpang Empat dan sebaliknya sudah menumpuk dan kemacetan mencapai hampir satu kilo meter,” jelasnya

Sementara itu salah seorang warga Hendriman mengungkapkan akibat banjir yang merendam rumahnya tersebut puluhan ekor ternaknya habis terbawa banjir beserta harta benda lainnya.

“Saat ini kami mengungsi kerumah keluarga dulu, karena air sudah merendam rumah dengan ketinggian dua meter seluruh harta benda dan ternak habis terbawa banjir,” ujarnya

Hemdriman berharap dengan kondisi saat ini agar pihak pihak terkait dapat memberikan bantuan berupa makanan dan kebutuhan pokok lainnya.

Selain di Air Haji, juga dilaporkan bahwa banjir juga merendam sejumlah rumah warga di Lombah, Jorong Paraman dan Pasar Paraman, Kecamatan Gunung Tuleh, Pasaman Barat.

Kemudian, juga dilaporkan adanya genangan air di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Bar

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada laporan korban jiwa dan data detail terkait dampak banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Pasaman Barat.

Penulis: WidranEditor: Yusman
  • Bagikan