Wakil Menlu AS: Tindakan Rusia Tingkatkan Dukungan NATO

  • Bagikan
Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman dalam konferensi pers di markas besar NATO di Brussels, Belgia, 12 Januari 2022. (REUTERS/Johanna Geron)

Suaraindo.id–Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengatakan tindakan Rusia telah menyatukan sekutu NATO dan meningkatkan dukungan untuk aliansi pertahanan itu.

Sherman berbicara kepada sejumlah wartawan setelah pertemuan empat jam NATO – Dewan Rusia.

Ia menolak proposal non-starter Presiden Rusia Vladimir Putin tentang keamanan di Eropa, ketika pejabat senior NATO dan Rusia bertemu di Brussels untuk menjembatani beberapa perbedaan yang dinilai tidak dapat disatukan di Ukraina.

Pertemuan itu terjadi dalam minggu diplomasi yang berisiko tinggi dan upaya pimpinan AS untuk mencegah persiapan tindakan yang diyakini Washington bisa menjadi invasi Rusia ke Ukraina. Moskow membantah sedang merencanakan serangan. Namun, sejarah aksi militer Rusia di Ukraina dan Georgia mengkhawatirkan NATO.

Sekitar 100.000 tentara siap tempur Rusia yang diperlengkapi dengan tank, artileri dan peralatan berat, sudah dikerahkan di dekat perbatasan timur Ukraina. [mg/ka]

  • Bagikan