Perumda Tirta Pancur Aji Sanggau akan Lakukan Penyesuaian Tarif Baru

  • Bagikan
Direktur PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau Yohanes Andriyus Wijaya

Suaraindo.id—Perusahaan Umum Daerah Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau, berencana akan melakukan penyesuaian tarif baru ,karena tarif yang berlaku sekarang ini sudah cukup lama sejak tahun 2012 dan per lu penyesuaian tarif baru.

Hal tersebut dikatakan Direktur PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau Yohanes Andriyus Wijaya saat menggelar sosialisasi di kantornya, Kamis (25/0/2022).

Penyesuaian tarif tersebut, dijelaskan dia, berdasarkan Permendagri nomor 21 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Mendagri nomor 71 tahun 2016 tentang perhitungan dan penetapan tarif air minum dan SK Gubernur Kalbar nomor 1972/ekon/2021 tentang tarif batas atas tarif batas bawah air minum pada Badan Usaha Milik Daerah Air Minum Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat tahun 2022.

Untuk Kabupaten Sanggau, lanjutnya, tarif batas atas Rp 10.061 perkubik sedangkan tarif batas bawah sebesar Rp 5.623 perkubik.

“Sebelum berlakunya tarif baru,kami melakukan sosilisasi melalui teman teman yang nantinya dapat menginformasikan kepada masyarakat malalui media masa,”katanya.

Ia jugamenjelaskan,terkait keluhan pelanggan soal air yang keruh, dan air macet alias tak ngalir.

Menurut dia, itu disebabkan biaya pengeluaran termasuklah produksi Perumda jauh lebih besar daripada pendapatan, sehingga untuk operasional saja pihaknya harus disubsidi pemerintah daerah.

Dikatakan Andre,pelanggan Perumda Tirta Pancur Aji Sanggau per Desember 2021 sebanyak 13.627. Dengan akan berlakunya penyesu aian tarif baru, pihaknya siap dengan konsekuensi peningkatan pelayanan.

“Kami siap menerima saran dan masukan dari masyarakat tentang kwalitas dan kelancaran distribusinya,” katanya.
Bahkan pihaknya sudah menargetkan dalam waktu dekat IPA Liku yang sebelumnya rusak sudah hampir 4 tahun ini akan segera berfungsi. “Sehingga tidak ada lagi nanti yang mengeluhkan airnya kotor,” katanya.

  • Bagikan