Perumahan Guru dan Gedung TK Negeri 1 Sembalun Ludes Terbakar

  • Bagikan

Suaraindo.id—— Perumahan guru dan satu unit gedung TK Negeri 1 Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur ludes terbakar.

Kebakaran terjadi diduga dari korsleting listrik dari gedung TK Negeri 1 Sembalun, sehingga menghanguskan semua bangunan dan isinya.

Dari keterangan warga setempat, Abdul Kudus Ali menjelaskan kebakaran terjadi pada pukul 12.00 wita dini hari.

Api yang membesar membakar gedung TK Negeri 1 Sembalun, mulai terlihat oleh warga sekitar, sehingga berhamburan keluar membantu. Sementara penghuni perumahan menyelamatkan diri keluar dari rumah.

Mengetahui hal itu, warga mulai secara swadaya dengan alat sederhana berupaya melawan api. Dengan alat pemadam sederhana, menyulitkan masyarakat untuk memadamkan api.

Akibatnay gedung TK Negeri 1 Sembalun dan dua unit perumahan guru, tidak tertolong hangus terbakar rata dengan tanah.

Kontruksi bangunan yang terbuat dari kayu, membuat bangunan dengam cepat di lalap sijago merah yang terus menyala membara.

Selain itu, angin kencang juga menjadi kesulitan tersendiri bagi masyarakat untuk menadamkan api. Bahkan, untuk mencoba menjinakkan api yang mulai membesar, warga terpaksa memutus perpipaan PAM Desa yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Lebih panjut Ali mengatakan, puluhan warga ikut membantu memadamkan api, namun tsulit dipadamkan. Masyarakat yang datang menolong, hanya bisa mengantisipasi api agar tidak meluas dengan menyiram rumah rumah terdekat.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun Lombok Timur M Idris mengatakan, pada saat api mulai membesar, masyarakat dengan cepat menyadarinya. Sehingga pada kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa.

Namun akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir hingga 450 juta. Karena sejumlah fasilitas sekolah TK, termasuk gedung dan barang barang berharga milik guru ikut terbakar.

“Tidak adanya pemadam kebakaran datang membantu menyulitkan masyarakat dan hanya mengandalkan pipa PAMDes yang memang sudah ada di pinggir jalan,” kata M Idrid saat ditemui di lokasi kebakaran, Kamis 14 April 2022.

Penulis: NanangEditor: Redaksi
  • Bagikan