Empat Polisi Lalulintas Selamatkan SMPN 1 Mempawah Hilir dari Kebakaran

  • Bagikan
Dua mobil pemadam kebakaran dari BPAM dan BPBD Mempawah saat tiba di SMPN 1 Mempawah Hilir untuk memastikan api benar-benar padam, Sabtu (14/5/2022) malam. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Suaraindo.id – Insiden kebakaran terjadi di Gedung SMP Negeri 1 Mempawah Hilir di Jalan Gusti Abdul Hamid, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Sabtu (14/5/2022) pukul 19.45 WIB.

Beruntung ada empat anggota Satuan Lalulintas Polres Mempawah yang berada di sekitar lokasi.

Dua orang memanggil petugas pemadam kebakaran, dua polisi lagi berjuang memadamkan api dengan unit APAR yang diambil dari Mako Satlantas Polres Mempawah.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.45 WIB, saat sejumlah anak yang baru pulang dari Salat Isya di Masjid Syuhada melihat ada api dan asap yang membumbung dari gedung SMP Negeri 1 Mempawah Hilir.

Anak-anak ini pun panik. Mereka langsung berlari ke Mako Satlantas yang berada di depan Masjid Syuhada untuk melaporkan kejadian itu.

Empat personel Satlantas yang sedang piket langsung bergerak cepat. Mereka membagi tugas untuk menyelamatkan SMPN tertua di Mempawah itu dari amukan si Jago Merah.

Dua personel segera berangkat ke Badan Pemadam Api Mempawah (BPAM) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mempawah.

Sementara dua lagi, yakni Bripka Adi Kusuma dan Brigpol Delta Warhadi, langsung berlari mengecek gedung SMPN 1 yang mulai dipenuhi asap.

“Setelah melihat api terus membesar di sebuah ruangan yang kami duga sebagai gudang, kami berlari lagi untuk mengambil alat pemadam api (APAR) di kantor Mako Satlantas. Setelah disemprot, api pun padam, tapi masih menyisakan bara memerah,” ujar Adi Kusuma.

Tidak cukup dengan satu APAR, kedua polisi ini secara heroik terus menyemprot hingga APAR kedua pun habis. Akhirnya, api dapat dijinakkan.

“Setelah api diamankan menyisakan bara, datang bantuan dari BPAM Mempawah yang langsung melakukan penyemprotan. Kami bersyukur, kini api sudah benar-benar aman!” ujar Adi Kusuma lagi.

Hingga berita ini diturunkan, gedung SMPN 1 Mempawah Hilir telah dipadati warga yang kebetulan lewat di tempat kejadian.

Dua mobil pemadam kebakaran dari BPAM dan BPBD Mempawah terus melakukan penyemprotan untuk memastikan api benar-benar padam.

Pihak kepolisian juga telah turun untuk melakukan olah TKP. Belum diketahui penyebab kebakaran dan taksiran kerugian yang dialami dari insiden kebakaran ini.

  • Bagikan