Harga Hewan Kurban di Kubu Raya Naik, Stok Aman

  • Bagikan
Sapi merupakan satu diantara hewan kurban yang di konsumsi masyarakat ketika hari raya Idul Adha, inilah stok sapi yang berada di Kabupaten Kubu Raya. ( Rabiansyah )

Suaraindo.id – Meski belum bisa mengambil hewan ternak dari luar, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, mengakui jika hingga beberapa hari menjelang hari raya Idul Adha, stok hewan untuk kebutuhan masyarakat guna merayakan Idul Adha masih cukup, hanya saja harga mulai merangkak naik dari tahun sebelumnya.

Mulyadi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya mengatakan, ada tiga wilayah yang masih terdampak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diantarnya Kecamatan Sungai Kakap, Sungai Raya dan Sungai Ambawang.

“Hal itu tentu berdampak pada stok hewan ternak yang di butuhkan masyarakat jelang hari raya Idul Adha mendatang,” katanya, Senin (4/7/2022).

Lanjut, jika kini pihaknya belum membuka akses kedatangan hewan dari luar guna mencegah turut masuknya virus PMK. Kendati demikian, stok hewan untuk kebutuhan masyarakat merayakan Idul Adha masih cukup.

“Untuk sementara stok masih mencukupi, hanya saja harga mulai merangkak naik dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Dirinya menegaskan, jika PMK tidak menular terhadap manusia, meski demikian proses pemasakan harus dengan baik dan tak lupa mencuci dengan bersih daging yang akan dikonsumsi tersebut.

“Kebersihan nomor satu lah ketika ingin memasak daging, saya jamin PMK tidak tertular untuk manusia,” pungkasnya.

  • Bagikan