Ikon Kawasan Puncak Botol Kecap Dirobohkan, Begini Perjalanan Sejarahnya: Punya Kembaran di Amerika Serikat

  • Bagikan
Tugu botol kecap di kawasan Puncak(Foto:Suara.com)

Suaraindo.id– Hari ini, Sabtu (30/7/2022) salah satu tugu paling ikonik di kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat bakal dirobohkan. Tugu yang kabarnya sudah berdiri hampir 40 tahun itu bakal rata dengan tanah.

Pembongkaran tugu botol kecap dikutip dari berbagai sumber sudah berlangsung sejak Kamis 28 Juli 2022. Momen pembongkaran tugu ikonik ini pun menjadi viral di media sosial.

Menurut salah satu warga, tugu botol kecap itu dibangun sejak 1983. Warga sekitar mengungkap bahwa tugu botol kecap memiliki kenangan tersendiri untuk mereka.

Berdirinya tugu botol kecap itu sendiri menurut warga bahkan membawa dampak cukup besar di lingkungan sekitar, seperti ada gang di wilayah tersebut yang berganti nama menjadi gang botol kecap, padahal nama awal gang itu ialah gang Masjid.

“Dibangunnya pada tahun 1983, jadi hampir 40 tahun berdiri di sini. Setelah dibongkar, jadi tidak ada lagi ikon botol kecap, tapi kan itu kebijakan perusahaannya,” kata salah satu warga mengutip dari Detik. Menurut informasi, pembongkaran tugu botol kecap itu disebabkan pihak perusahaan kecap tidak memperpanjang sewa lahan tugu itu berdiri.

Punya Kembaran di Amerika Serikat

Tugu botol kecap di kawasan Puncak, Cianjur ternyata memiliki kembaran di Amerika Serikat, tepatnya di Selatan Illinois. Botol kecap yang ada di Amerika Serikat itu, dibangun terlebih dahulu yakni pada 1949.

Pemilik dari tugu botol kecap di Amerika Serikat sendiri bernama Bethel-Eckert Enterprises. Saat itu Bethel tengah merintis karier sebagai pengusaha kecap.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, tugu botol kecap di Amerika Serikat berwarna merah putih. Tugu ini sempat ditawar dengan harga selangit yakni 500 ribu dollar Amerikat Serikat.

Namun si pemilik kabarnya ogah menjual karena ia menganggap nilai historis dari botol kecap itu lebih mahal dibanding harga yang ditawarkan.

Yang menarik dari botol kecap di Amerikat Serikat, tugu ini juga bisa difungsikan sebagai gudang. Pemiliknya pernah menggunakannya sebagai gudang untuk bisnis distribusi makanan.

 

  • Bagikan