10 Siswa di Palembang Terinfeksi Covid 19, Disdik Ingatkan Pihak Sekolah Terapkan Prokes dengan Ketat

  • Bagikan
Ilustrasi virus corona Covid-19, anak-anak Covid-19. 10 pelajar di Palembang terinfeksi Covid-19.(Foto:Suara.com)

SuaraIndo-  Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang kembali mengingatkan kepada seluruh  pihak sekolah dalam pelaksanaan Pelajaran Tatap Muka (PTM) untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan (prokes) agar terhindar dari penularan covid 19.

Himbauan tersebut, menyusul adanya  10 siswa yang dinyatakan terinfeksi covid 19 pasca diterapkannya Pelajaran Tatap Muka  (PTM) pada tahun ajaran baru ini.  Ke 10 siswa tersebut terdiri atas 4 siswa SMA, 4 siswa SMP dan 2 siswa Sekolah Dasar (SD).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan pada saat Pelajaran Tatap Muka (PTM) dilaksanakan seluruh sekolah sudah diingatkan dan diminta untuk tetap menerapkan prokes ketat agar tidak penularan Covid-19.

Namun, dengan kejadian ini pihaknya kembali mengingatkan sekolah serta melakukan pengecekan langsung ke sekolah. Hal ini dilakukan guna memastikan prokes sudah diterapkan dengan baik.

“Kami akan lihat dulu, apakah ini ada kelalaian (dari sekolah) atau memang ada yang sudah sakit tapi tetap sekolah,”kata Zulinto, pada Rabu (03/08/22).

Zulinto menjelaskan, meski telah ada penularan, PTM tetap dilanjutkan. Namun, prokes di kelas harus lebih diperhatikan oleh pihak sekolah.

“Jangan sampai terjadi lagi (penularan), sekolah harus terapkan prokes lebih ketat lagi agar tetap PTM,” imbuhnya.

Sementara itu, Juru  Bicara Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan  10 siswa yang terkonfirmasi positif covid 19  tersebut terjadi  di minggu keempat bulan Juli 2022 kemarin di Palembang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, siswa yang terjangkit Covid-19 tersebut ternyata hanya mengalami sakit gejala ringan. Untuk itu, ke 1o siswa itu tengah menjalani perawatan dan isolasi mandiri hingga sembuh.

“Anak-anak kita itu kini sedang menjalani isolasi mandiri. Dan dalam beberapa hari ke depan mudah-mudahan segera sembuh, apalagi mereka semuanya sudah divaksin Covid-19,” katanya.

Yudhi menghimbau kepada pihak penyelenggara pendidikan (sekolah red) temsuk orang tua harus lebih meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) anak di sekolah.

  • Bagikan