Cina Belum Berikan Update Terkait Sampah Antariksanya

  • Bagikan
Dua lempengan serpihan dari Roket Long March 5B milik Cina , telah tiba di Kantor Lapan Pontianak.

Suaraindo.id – Dua lempengan serpihan dari Roket Long March 5B milik Cina , telah tiba di Kantor Lapan Pontianak, sejak beberapa hari yang lalu. kedua lempengan masing-masing ditemukan di lahan di Dusun Pengadang Desa Pengadang lalu di Hutan Dusun Lomuri Desa Kenaman Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau beberapa waktu yang lalu.

Koordinator Pelaksana Fungsi Layanan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pontianak , La Ode Muhammad Musafar menjelaskan jatuhnya lempengan pecahan roket baru kali ini terjadi di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

“Adanya hal itu, ini baru pertama kali terjadi di wilayah kita. Sebelumnya tidak pernah,” ujar La Ode Muhammad Musafar.

Dirinya mengatakan material lempengan kemungkinan besar terbuat dari alumunium alloy atau titanium, karena material tersebut biasa digunakan untuk bahan roket. La Ode melanjutkan, sampah antariksa itu rencananya akan dikembalikan ke Cina.

“Pihak Brin sudah melakukan kontak dengan Kedutaan Besar Cina,apakah lempengan tersebut akan diambil, tapi sampai saat ini belum ada mendapatkan updatenya,” Jelasnya.

Meski demikian La Ode memastikan, benda langit itu tidak mengandung unsur yang berbahaya,bagi kehidupan. Dirinya mengungkapkan jika penanganan sampah antariksa pernah terjadi tahun 2016 di wilayah Sumenep Jawa Timur serpihan roket tersebut milik US.

  • Bagikan