Diduga Serpihan Roket Jatuh di Sekayam, Ini Penjelasan Kapolres Sanggau

  • Bagikan
Petugas memasang garis polisi sekitar benda yang diduga serpihan roket di lahan milik warga Desa Pengadang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Senin (1/8/2022).

Suaraindo.id– Heboh penemuan benda yang diduga serpihan roket di lahan milik warga Desa Pengadang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dibenarkan Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan.

“Ya, benar Telah Ditemukannya Benda Yang Diduga Serpihan Roket,”ujar Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (1/8/2022).

Disampaikan Ade Kuncoro, pihaknya menerima informasi dari masyarakat sehubungan dengan telah ditemukannya benda yang diduga serpihan roket dan selanjutnya Personil Polsek Sekayam beserta warga melakukan pengecekan di lokasi.

“Pemilik tanah atau kebun dilokasi jatuhnya serpihan tersebut yaitu Yulius Talib. Serpihan roket tersebut berdiameter panjang 5 meter dan lebar 2 meter,” kata Kapolres.

Diungkapkan Kapolres Ade, pada hari minggu tanggal 31 Juli 2022 sekira jam 17.00 WIB pemilik kebun pergi ke kebun sawit miliknya dan melihat benda yang diduga serpihan roket sudah berada di tengah – tengah kebunnya. Atas kejadian tersebut Yulius Talib memberitahukan ke Kadus Pengadang.

“Saat ini kami dari pihak kepolisian telah melakukan pemasangan Police Line di lokasi penemuan dan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati lokasi penemuan serpihan tersebut untuk mengantisipasi adanya Zat Radioaktif di benda tersebut,”jelasnya.

Saat ini , kata Ade, pihaknya melakukan koordinasi dengan Polda Kalimantan Barat dalam hal ini Satuan Brimobda Polda Kalbar terkait penanganan penemuan serpihan yang diduga roket tersebut.

“Sampai saat ini belum diketahui pasti asal dari benda tersebut akan tetapi pada Sabtu malam sekira jam 23.09 WIB sebagian warga Pengadang ada mendengar suara gemuruh dari langit,” katanya.

Bahwa serpihan benda tersebut, kata Ade Kuncoro, diduga merupakan bagian atau serpihan dari Roket Long March 5 B diluncurkan dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang,China pada 24 Juli 2022 untuk mengirimkan modul Wentian seberat 23.000 kg ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

“Karena dengan waktu yang bersamaan juga serpihan yang diduga Roket tersebut melintasi daerah Sarawak Malaysia berdasarkan keterangan Malaysian Space Agency (MYSA)/Badan antariksa Malaysia,”tutupnya.

  • Bagikan