Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022,Benang Bintik Ciri Khas Kain Kalteng

  • Bagikan
Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022,Benang Bintik Ciri Khas Kain Kalteng

Suaraindo.id – Dalam rangka pembukaan Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022, Pihak Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng,bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, menggelar event berskala Nasional dengan melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pelaku industri pariwisata untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk unggulan asli dari Kalteng kepada masyarakat luas dan dunia pariwisata,Selasa (2/08/2022).

Even yang akan diselenggarakan dari tanggal 4-7 Agustus 2022 tersebut terbagi atas dua even yakni 4-7 Agustus 2022 Festival UMKM di Kota Palangka Raya bertempat di Gedung KONI jl.Cilik Riwut dan festival Pariwisata di Kabupaten Kotawaringin barat, Pangkalanbun 4-6 Agustus 2022 di gedung Aula Antakusuma Jl.HM.Rafii.

Dalam jumpa persnya bersama insan pers di Losarai Cafe Palangka Raya,pihak BI menjelaskan dalam kegiatan tersebut ada berbagai macam lomba dan pertunjukan ada lomba Lari ” Hadari 5 Km,Fashion Show,edukasi dan Sosialisasi,Panggung hiburan,door prize,game,kain,kuliner dan festival jajanan.

” Banyak orang lain belum mengetahui bahwa Kalteng memiliki batik Kalteng, batik Kalteng ini disebut dengan Benang Bintik,Saya mengajak kita semua untuk mempopulerkan bahwa Kalteng memiliki Benang Bintik, Bukan Batik Kalteng yang sering kita kenal umumnya,karena benang (Kain bintik,red) memiliki motif serta ciri khas tersendiri seperti adanya gambar, Batang Garing,Huma Betang dan Sejenis tanaman pakis dan memiliki harga yang kompetitif ” ucap Yura Djalins,Kepala Perwakilan (BI) Kalteng selaku narasumber dan salah satu lembaga keuangan yang turut berpartisipasi dalam even tersebut.

Selain itu, Yura juga mengatakan bahwa lomba lari 5K akan mendapat masing-masing baik putra-putri juara satunya sebesar 3 juta rupiah,dalam acara itu nantinya juga rencananya akan dihadiri oleh Wakapolda Kalteng,Brigjen Pol Ida Oetari,Ivo Sugianto Sabran, Walikota Palangka Raya,Fairid Naparin,PJ.Bupati Kobar,Anang Dirjo.

Usai menyampaikan pemaparannya Yura Djalins menjelaskan pelaksanaan Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022.

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap dengan adanya dua festival ini kita mampu memperkenalkan,sekaligus memasarkan,UMKM dan pariwisata serta memberikan edukasi kepada UMKM agar lebih luas dalam pemasarannya tidak hanya di Kalteng,tapi di Seluruh Indonesia bahkan di ekspor “tutupnya,saat diwawancarai awak media.

Kegiatan ini juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Kalteng serta diharapkan mampu mengundang wisatawan-wisatawan luar provinsi sehingga mampu menciptakan pertumban ekonomi di kota Palangka Raya serta menjadi even unggulan kita dimasa depan.

Kegiatan festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022 ini terselenggara atas kerjasama pihak Bank Indonesia perwakilan Kalteng,Pemerintah Provinsi Kalteng,Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.Dan dalam kegiatan jumpa pers tersebut langsung dihadiri kepala BI Kalteng Yura Djalins hadir serta narasumber mewakili kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Kalteng,Sussy Asty dan Niang selaku pengusaha UMKM.

Penulis: Hendra CEEditor: Redaksi
  • Bagikan