Dewan Sekadau Minta Prioritas Anggaran untuk Revitalisasi Istana Rumah Kaca yang Ambruk

  • Bagikan
Anggota DPRD Sekadau, Paulus Subarno [ist]

Suaraindo.id – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sekadau, Paulus Subarno meminta perhatian kepada dinas terkait untuk merevitalisasi istana rumah kaca Kerajaan Sekadau yang ambruk.

Diketahui bahwa kondisi dari istana rumah kaca Kerajaan Sekadau yang ambruk dan dibongkar oleh dinas Disporapar Kabupaten Sekadau yang tersisa puing-puing bangunan saja.

Bangunan yang berdiri pada tahun 1927, dan tidak digunakan sejak tahun 1963 seiring fakumnya keraton Sekadau. Akibat termakan usia bangunan tersebut pun di bongkar guna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap warga sekitar.

“Saya minta kepada Dinas terkait khususnya Disporapar Kabupaten Sekadau untuk di prioritaskan untuk di rehap total bangunan itu. Karena rumah kaca punya sejarah untuk Kabupaten Sekadau,” tegas Paulus Subarno Jumat, (16/9/2022).

Menurut Ngah Subar panggilan akrabnya, bangunan istana rumah kaca mempunyai nilai sejarah tersendiri untuk Kabupaten Sekadau.

“Jadi kalau ada anggaran mohon diprioritaskan lah,” pintanya legislator dari Fraksi Partai Hanura ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Disporapar Kabupaten Sekadau Bayu Harsono mengatakan terkait untuk revitalisasi, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk untuk merevitalisasi bangunan yang ada dan sekarang masih dalam tahap proses.

“Kita sudah ajukan proposal untuk merevitalisasi bangunan tersebut ke pusat, dan kementerian namun sampai sekarang masih dalam proses. Karena keterbatasan anggaran maka belum bisa kita laksanakan,” katanya.

  • Bagikan