Dinas PMPTSP Way Kanan Menggelar Bimtek Perizinan Bagi Pelaku Usaha

  • Bagikan
Ruang sosialisasi/Suaraindo.id

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu (PMPTSP) Pintu Kabupaten Way Kanan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko (OSS-RBA). Kamis (23/9/2022) bertempat di Kampus STIT Al-Hikmah Bumi Agung.

Maksud dan tujuan kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan pelaku usaha mengenai ketentuan perizinan berusaha sebagai dampak dari diberlakukannya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta kerja.

Kegiatan ini dibuka oleh Masdan selaku Koordinator bidang Litbang data dan sistem informasi dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu PMPTSP kabupaten Way Kanan mewakili Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Way Kanan Dr. Arie Anthony Thamrin.

Dalam sambutan Kadis PMPTSP, Masdan mengatakan penyelenggaraan perizinan berusaha mengalami perubahan total, penyelenggaraan perizinan berusaha tidak lagi berbasis izin, namun berbasis risiko dan semuanya di proses melalui aplikasi.

“Perizinan usaha saat ini telah terintegritas secara elektronik online yang kita kenal dengan istilah OSS-RBA (Online Singel Submission Risk Base Approach), dalam aplikasi tersebut juga telah di tanamkan Smart Engine yang akan memetakan jenis perizinan berdasarkan tingkat risiko dan skala usaha sebagaimana telah di atur dalam peraturan perundang-undangan,” kata Masdan.

Sementara, Merky Defrienc Koordinator Bidang Perizinan Dinas PMPTSP Kabupaten Way Kanan dalam materinya mengatakan perizinan berusaha dapat di kelompokkan dalam perizina Perizinan resiko rendah, sedang dan berusaha resiko tinggi.

“Berusaha dengan risiko rendah cukup hanya memiliki Nomor Induk Berusah (NIB) sekaligus sebagai Tanda Daftar Perusahan (TDP). Kemudian Perizinan Berusaha dengan risiko menengah rendah yaitu dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Standar (SS). Perizinan Berusaha dengan risiko menengah tinggi yaitu dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan Sertifikat Standar Terverifikasi Dan Perizinan Berusaha dengan Risiko Tinggi yaitu dengan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin,” kata Merky.

Desi Purwaningrum pengusaha warung minyak goreng warga kampung pisang baru mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten Way Kanan atas kegiatan hari ini.

“Cukup membantu, lebih memahami terkait izin usaha, saya berharap juga agar kedepannya jika ada bantuan usaha diprioritaskan untuk yang sudah terdaftar,” ujar Desi.

Penulis: DemsyEditor: Febry
  • Bagikan