BPBD Kayong Utara Gelar Orientasi Pegawai Baru P3K

  • Bagikan
Kepala Pelaksana BPBD penyematan tanda peserta di Pantai Pulau Datok, Sukadana, Rabu (9/8/2023). Suaraindo.id/Suarakalbar.co.id / Wiwin.

Suaraindo.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara menggelar orientasi pegawai baru bagi P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian Kerja) tahun 2023 yang dilaksanakan di Pantai Pulau Datok, Sukadana, Rabu (9/8/2023).

Dalam sambutannya Kepala Pelaksana BPBD Rahadi, mengatakan masa orientasi ini penting untuk dilaksanakan sebagai proses pengenalan terhadap uraian tugas dan program kerja BPBD sehingga diharapkan dapat mempermudah setiap pegawai P3K dalam setiap menjalankan tugas.

“Untuk itu, adanya pemaparan program dari setiap Seksi yaitu Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik, rekontruksi dan rehabilitasi serta pemaparan terkait hak dan kewajiban P3K yang disampaikan oleh sekretaris BPBD Kayong Utara,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD juga mengatakan bahwa dalam kajian resiko bencana di Kabupaten Kayong Utara terdapat 8 resiko bencana dan sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Berdasarkan data bencana yang tercatat pada tahun 2019 sebanyak 80 Kasus yaitu (121,31 Ha), tahun 2020 tidak ada kasus, kemudian tahun 2021 ada 10 Kasus yg yaitu (6,7 Ha) kemudian tahun 2022 ada 3 Kasus dan tahun 2023 ada 6 kasus yaitu (7,996 Ha) yang tersebar di 4 kecamatan Sukadana, Simpang Hilir, Teluk Batang dan Pulau Maya,” jelasnya.

Selain itu, kepala BPBD menekankan dengan dilaksanakannya orientasi tugas bagi petugas pemadam kebakaran diharapkan semua petugas damkar dapat melaksanakan tugas dengan baik terutama dalam menghadapi banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kayong Utara serta dapat membantu kaji cepat bencana, proses penanggulangan bencana, serta pasca bencana.

“Untuk meningkatkan etos kerja perlu kiranya P3K melaksanakan praktek lapangan yang dilaksanakn sesuai dengan tugasnya, dimulai dengan membuat laporan harian pada pusat pengendalian operasi (pusdalops), memetakan lokasi rawan bencana, kaji cepat bencana serta membuat himbauan sebagai sistem peringatan dini (early warning system) bencana,” katanya.

Kegiatan orientasi tersebut dimulai sejak tanggal 7-24 Agustus 2023 dan diikuti 10 peserta, 9 orang P3K damkar dan 1 orang analis kebencanan seksi rekonstruksi dan rehabilitasi dan diikuti sebanyak 12 petugas (Damkar) Honor Daerah dan 15 orang Staf BPBD Kayong Utara.

 

  • Bagikan