Grebeg Suro Paguyuban Jawa di Landak, Samuel: Pelestarian Tradisi dan Kebhinekaan

  • Bagikan
Pj. Bupati Samuel Buka Acara Grebek Suro Paguyuban Jawa Kabupaten Landak.Suaraindo.id/SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Diskominfo Landak

Suaraindo.id – Kegiatan Grebek Suro yang diselenggarakan oleh Paguyuban Jawa Kabupaten Landak berlangsung meriah di Kilometer 9 Jalan Raya Ngabang Pontianak Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang. Acara yang dihadiri oleh Pj. Bupati Landak, Kapolres Landak, sejumlah pejabat, tokoh adat, dan pengurus Paguyuban Jawa Kabupaten Landak ini bertujuan untuk mempererat keberagaman suku dan mempertahankan tradisi budaya.

Pj. Bupati Landak, Samuel, dalam pidatonya, menjelaskan bahwa Grebek Suro merupakan salah satu tradisi budaya tahunan masyarakat Jawa yang diwujudkan dalam bentuk pesta rakyat. Tradisi ini menjadi ungkapan rasa syukur atas berkah panen dan rejeki yang diberikan di tahun sebelumnya. Samuel juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah berperan dalam menyelenggarakan acara ini.

“Saya sangat berterimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan grebeg suro, dimana dengan adanya kegiatan ini masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Landak mengenalkan tradisi Jawa kepada masyarakat yang akan semakin menambah keberagaman suku yang ada di Kabupaten Landak dan akan menguatkan rasa kebhinekaan tunggal ika, walaupun kita dari berbagai suku namun kita tetap satu di bawah NKRI,” ungkapnya.

Menurut Samuel pengaruh era globalisasi dan modernisasi yang dimotori oleh teknologi informasi memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat, pengaruh ini juga memberikan kontribusi bagi penerapan norma-norma agama, nilai-nilai akhlak dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

“Untuk itulah pemerintah Kabupaten Landak menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini dalam rangka pelestarian salah satu cagar budaya yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Pj. Bupati berharap kegiatan ini dapat memperbaiki sikap mental dan perilaku individu untuk mewujudkan tatanan masyarakat Landak yang mandiri, berprestasi yang madani, membawa berkah pada masyarakat, dan kepada semua sehingga dapat menjadi amal ibadah.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Landak mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan dan program pemerintah sehingga perubahan yang lebih baik dapat terwujud demi kesejahteraan bersama,” harapnya.

Dirinya juga berpesan agar semua senantiasa mengutamakan rasa kebangsaan, menjunjung tinggi keagamaan dan menghargai keberagaman dalam rangka mewujudkan pemilu 2024 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Landak.

  • Bagikan