Pontianak Siap Gelar Lomba Perahu Naga Internasional 2023

  • Bagikan
Zulfydar Zaidar Mochtar (ANTARA/Dedi).Suaraindo.id/Suarakalbar.co.id

Suaraindo.id – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rizal Almuthahar, memberikan dukungan penuh terhadap perhelatan lomba perahu naga skala internasional yang akan diselenggarakan di Sungai Kapuas. Dia menyatakan bahwa kota perdagangan dan jasa seperti Pontianak akan sangat terbantu dengan adanya kegiatan skala besar seperti ini.

Selain memberikan manfaat bagi sektor perdagangan dan jasa, Rizal Almuthahar juga menekankan pentingnya lomba ini untuk regenerasi atlet dayung di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat secara keseluruhan. Menurutnya, mendukung kegiatan semacam ini akan memberikan rasa bahagia bagi masyarakat dan berkontribusi pada perkembangan olahraga di daerah.

“Kami menyambut baik dan mendukung hadirnya Internasional Dragon Boat 2023. Pontianak sebagai kota perdagangan dan jasa akan banyak terbantu dengan kehadiran kegiatan skala besar semacam ini,” ujarnya di Pontianak, melansir dari ANTARA, Kamis(24/8/2023).

Selain itu, menurutnya ajang tersebut juga sangat berguna untuk regenerasi atlet-atlet dayung di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat.

“Tentu kegiatan ini harus kita dukung bersama, bagaimana ini memberikan rasa bahagia buat masyarakat Kota Pontianak dan masyarakat Kalimantan Barat,” ucap dia.

Sementara itu, Penyelenggara Internasional Dragon Boat 2023 Zulfydar Zaidar Mochtar menjelaskan bahwa perhelatan perlombaan perahu naga skala internasional di Kota Pontianak dihadirkan pada 2 September 2023 mendatang. Menurutnya hal itu selain sebagai bagian dan upaya untuk memajukan wisata di Kalbar juga memfasilitasi atlet dayung untuk berprestasi.

“Akan ada 40 tim dayung perahu naga termasuk dari Negara Brunei Darussalam dan Malaysia bertanding di Sungai Kapuas Pontianak,” papar dia.

Ia mengatakan Internasional Dragon Boat 2023 rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar.

“Kegiatan ini diselenggarakan guna mendukung perkembangan olahraga dayung yang lebih baik dan lebih baik lagi. Apalagi Kota Pontianak khususnya, Kalbar ini, punya sungai yang banyak maka pilihannya dayung,” tutupnya.

  • Bagikan