Mahyeldi Sebut Pentingnya Ruang Bermain Terbuka untuk Memfasilitasi Kreativitas Anak

  • Bagikan
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menekankan pentingnya penyediaan ruang bermain terbuka untuk anak. (Dok. Adpim Sekdaprov Sumbar)

Suaraindo.id- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menekankan pentingnya penyediaan ruang bermain terbuka untuk anak. Sebab, ruang terbuka bukan sekadar tempat untuk bermain, melainkan penting untuk memancing, memfasilitasi, dan mengembangkan kreativitas anak.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri acara Festival Anak Sumatera Barat 2023 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, Minggu (19/11/2023). Gubernur menilai, kreativitas anak perlu difasilitasi demi mempersiapkan generasi unggul untuk mewujudkan visi Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti.

“Pemprov Sumbar terus berupaya mendorong anak-anak untuk kreatif sejak usia dini. Oleh karena itu, saya pribadi juga menginginkan halaman Kantor Gubernur, Istana Gubernur, dan Masjid Raya Sumbar, bisa diberdayakan sebagai ruang bermain terbuka bagi anak,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Gubernur menyebutkan, bermain adalah hak bagi anak-anak yang harus dipenuhi untuk menunjang perkembangan kehidupannya sebelum beranjak dewasa. Fasilitas dan waktu bermain, akan menjadi hadiah berharga dari para orang tua untuk anak-anak.

“Ini juga dalam rangka menyiapkan generasi muda berkualitas, demi mewujudkan generasi emas tahun 2045. Kreativitas adalah ajang bagi anak untuk mengasah daya cipta, rasa, dan karsa. Sehingga, kelak ketika dewasa, anak tidak menjadi pribadi yang konsumtif,” ujarnya lagi.

Oleh karena itu, Gubernur Mahyeldi mengimbau seluruh orang tua, guru, dan seluruh pihak terkait, untuk terus-menerus memberikan bekal, ilmu, dan nilai-nilai positif demi meningkatkan kecerdasan anak pada pertumbuhan.

“Bermain di ruang terbuka tidak hanya memberikan stimulus bagi anak untuk mengekspresikan diri kepada lingkungan sosial mereka, tetapi juga mengajarkan mereka tentang kehidupan alam, membangun pemahaman, serta saling menghargai, aspek-aspek krusial yang akan membekali mereka untuk masa depan setelah masa kanak-kanak,” ujar Gubernur menutup.(adpsb/nov)

Penulis: RedEditor: Yusman
  • Bagikan