Pemkab Sekadau Apresiasi Kontribusi Warga Jawa dalam Pembangunan Daerah

  • Bagikan
Foto Bersama Bupati Sekadau Aron dengan Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau di acara silaturahmi, Minggu (9/6/2024). SUARAINDO.ID/kun

Suaraindo.id – Bupati Sekadau Aron mengapresiasi dan mendukung program Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau salahsatunya dalam silaturahmi guna menjalin kekompakan bersama.

“Kami memberikan apresiasi dan mendukung agenda. Kedepan kita saling kompak bersatu. Karena Paguyuban atau perkumpulan kelompok yang sama rasa dan lain sebagainya,” ungkap Aron saat menghadiri Silaturahmi Keluarga Besar Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau yang digelar di Dusun Serasau Jaya Suradeli Desa Peniti, Minggu (9/6/2024) pagi.

Bupati Aron hadir bersama rombongan disambut tarian kuda lumping dan diberikan blangkon Ketua Paguyuban Jawa Sekadau Rosid Anwar Jamil. Hadir dalam acara itu Forkopimda, Kepala OPD terkait, pengurus ormas, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Aron kembali menegaskan, pihaknya tidak bisa pungkiri warga Jawa yang ada di Kabupaten Sekadau sangat membantu pemerintah dari berbagai sektor, ada yang bekerja di pemerintahan, bisnis perdagangan dan pertanian yang tentunya secara langsung ikut mengubah pola hidup masyarakat.

“Jika disimak kilas balik saat mulai berdiri program transmigrasi beberapa tahun silam. Warga jawa hadir penuh tantangan, dikirim dari jawa ke dalam hutan semak belukar kini sudah ramai seperti di Suryadeli ini,” ujar Aron.

Aron menambahkan, saat ini nilai pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sekadau tinggi. Kedepan Sekadau diharaokan bisa menjadi memasok sayur di wilayah timur Kalbar.

“Jika kita cek di pasar Sekadau jam 2 subuh sudah ramai aktivitas transaksi. perdagangan sayur-mayur untuk di jual di ke daerah-daerah,” kata Aron.

“Komitmen pemerintah akan terus membangun infrastruktur seperti jalan untuk kelancaran hasil pertanian masyarakat,” sambung Aron.

Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau, Rosid Anwar Jamil mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sekadau dan rombongan yang sudah hadir di acara silaturahmi keluarga besar paguyuban jawa tersebut.

“Kami kedepan siap memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah, karena masyarakat jawa yang ada di Sekadau ini menyebar dari berbagai sektor,” kata Rosid.

Ia juga menjelaskan, dirinya baru saja terpilih menjadi Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau periode 2024-2029 dalam Musda II pada 1 Juni lalu. Langkah selanjutnya akan menyusun program kerja dalam lima tahun kedepan.

“Tujuan organisasi paguyuban jawa untuk menjalin silaturahmi dan mengembangkan seni budaya masyarakat,” ujarnya.

Rosid juga menyampaikan bahwa di Sekadau ada sanggar seni budaya Jawa tercatat 18 yang aktif.

“Namun sampai saat ini kendala legalitas. Saya berusaha berkoordinasi dengan dinas terkait. Agar sanggar bisa mendapatkan legalitas karena menjadi aset pemerintah,”harap Rosid.

Usai acara silaturahmi Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau juga dilaksanakan temu wicara Bupati Sekadau dengan warga, kemudian sosialisasi dari dinas koperasi dan UKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sosialisasi dari kantor BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan