Oleh: Kristin Melani
Dengan adanya keberadaan Covid-19 diseluruh dunia, itu adalah salah satu ancaman terbesar bagi Seluruh negara,dan Umat manusia,dan dari segi perekonomian juga sangat berdampak dengan adan ya covid-19 tersebut. Apalagi disalah satu Lembaga COMPASSION tempat saya bekerja tidak menutup kemungkinan akan mendapat Resiko dari keberadaan Covid-19 tersebut.
Oleh sebab itu kami sebagai staf staf yang bekerja disalah satu Yayasan tersebut sudah memikirkan dampak kedepan nya seperti apa,sehingga kami menciptakan INOVASI agar bisa mengurangi resiko yang akan datang,Karena berhubungan Suport/dana bantuan untuk pengeluaran setiap bulan nya,masih dari kantor pusat,yang kita khawatirkan jika terjadi hambatan karna adanya covid-19 kita disini pasti terhambat juga dalam kegiatan-kegiatan seperti biasanya.
Maka dari itu kami sebagai staf di Kantor Yayasan tersebut membuat program untuk anak – anak dan didampingi oleh orang tua mereka,dan program tersebut sudah kami jalankan,ada 2 program yang sudh kami jalankan yaitu kelompok ternak ayam dan kelompok budidaya lele,karena kami yakin dengan adanya program tersebut,anak-anak bisa mendapatkan penghasilan tambahan,dengan berinovasi dalam strategi pemasarannya,harapan kami mereka bisa kreatif dalam mengolah hasil panennya tersebut,bukan hanya langsung dijual,tetapi mereka bisa mengolah sekreatif mungkin sehingga orang lebih tinggi daya tarikn ya untuk membeli hasil produk dari mereka dengan mengolah nya menjadi frozen food dan sebagainya. Inovasi sejatinya merupakan sebuah gagasan dari pemikiran individu yang bersifat unik, kreatif, dan baru sehingga tercipta suatu hal yang berbeda dari yang telah ada menjadikan nilai unggul dalam proses memasuki pasar.
Menurut Epstein (2016) perusahaan dapat menggunakan inovasi untuk tumbuh, bertahan melawan pesaing yang kuat, atau bahkan untuk mendefinisikan ulang industri dengan menggunakan kombinasi inovasi model bisnis dan inovasi teknologi.
Generasi milenial merupakan target pasar yang berpotensi, pebisnis perlu untuk mengetahui apa yang menjadi minat kaum ini dan menjadikannya ide dari inovasi produk/ jasa yang akan dikembangkan. “Melek” akan teknologi yang menjadi kelebihan dari generasi milenial membuat pebisnis harus membuat inovasi produk yang dapat booming di dunia maya. Pendekatan digital lebih disukai oleh pasar saat ini daripada pendekatan tradisional karena sesuai dengan trend masa kini.
Hubungan antara inovasi dan pasar sangatlah erat. Untuk berinovasi, pebisnis perlu untuk melihat target pasar yang ada. Dan untuk dapat memasuki pasar, pebisnis harus terus berinovasi untuk mengikuti perkembangan zaman. Hal ini akan terus terjadi dan kreativitas pebisnis dalam menarik pasar akan selalu menjadi tantangan di setiap kesempatan.
Berinovasi untuk dapat mendobrak pasar zaman – now mau tidak mau harus dilakukan untuk menjamin agar bisnis tetap bertahan. Hal ini dilihat sebagai tantangan untuk mencapai kepuasan pasar dan laba tertinggi.
*Penulis adalah Mahasiswa Magister Manajemen Untan Pontianak